Menikmati Ragam Makanan Seafood Korea, Gochujang - Jajangmyeon

Ilustrasi makanan licin Korea
Sumber :
  • Koreaboo

VIVA Kuliner – Dalam rangka memperkenalkan ragam makanan seafood Korea kepada koki regional kenamaan, manajer hotel, serta para pemain di sektor makanan dan minuman Indonesia, diselenggarakanlah acara Exquisite K-Seafood Cuisine Experience 2022, selama 1 hari, pada 25 Agustus 2022 lalu. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Acara tersebut merupakan hasil kerja sama antara Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Korea dengan Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.

Ada makanan khas Korea apa saja yang dihidangkan dan di mana bisa mendapatkannya? Scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

Dari gochujang salad hingga jajangmyeon, setiap hidangan disiapkan dengan bahan-bahan otentik terbaik yang dikirim dari pemasok Korea yang sudah lama berdiri dan memiliki reputasi yang baik. 

Adapun tamu yang hadir termasuk Kepala Kantor Pusat Regional ASEAN Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation Park Min Cheol, Penasihat Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia Lee Joon San, dan General Manager Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Munwar Basha.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

Makanan Korea

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

Kepala Kantor Pusat Regional ASEAN Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation Park Min Cheol, mengatakan, Korea dan Indonesia memiliki hubungan yang istimewa dan kecintaan pada masakan yang enak.

"Hari ini kami merayakan hubungan ini di atas meja makan yang sama. Kami ingin menggugah ketertarikan masyarakat Indonesia akan makanan Korea dan lebih aktif lagi untuk berbagi resep dan masakan dengan Indonesia," ujar Park Min Cheol dalam keterangannya, Senin 5 September 2022. 

Acara Exquisite K-Seafood Cuisine Experience 2022 ini terinspirasi dari meningkatnya konsumsi budaya Korea oleh konsumen Indonesia. Hidangan seperti jjampong, eomuk dan rumput laut yang beberapa tahun lalu jarang terlihat, dengan cepat muncul di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2020 saja, intensitas pencarian 'kopi Dalgona' di Google oleh orang Indonesia meningkat 600 persen dibanding tahun 2019, diikuti dengan pencarian untuk 'japchae' dan 'jajangmyeon'. 

Dalgona coffee.

Photo :
  • Instagram @tok_ti

Di tahun tersebut, semakin banyak orang Indonesia yang mencari resep masakan rumah khas Korea karena mereka memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. Selain itu, di tahun yang sama juga terlihat popularitas masakan Korea di Indonesia kian meningkat.

Mengomentari tren yang sedang berkembang, Munwar Basha, General Manager Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel mengatakan, cita rasa masakan Korea yang unik dan beragam sangat cocok untuk orang Indonesia yang menyukai hidangan dengan rasa asin, manis dan pedas.

"Oleh karena itu, kami bangga untuk mengumumkannya pertama kali. Menyusul kesuksesan acara K-seafood Cuisine Experience kemarin, Korean Buffet Menu ini akan disajikan hanya di Restoran Anigre dalam waktu terbatas," tuturnya. 

Bersamaan dengan perayaan Festival Chuseok saat musim panen di Korea, para tamu dapat mencicipi hidangan khas Korea ini di dinner buffet Restoran Anigre, mulai 9 hingga 11 September 2022, dan berlanjut setiap hari Selasa dan Rabu hingga akhir September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya