Susu Oat Punya Banyak Manfaat, Gimana Jika Ditambahkan ke Kopi?

Ilustrasi es kopi susu.
Sumber :
  • Freepik/valeria_aksakova

VIVA Kuliner – Nama susu oat atau susu gandum kian populer belakangan ini. Jenis susu satu ini disebut-sebut bisa menjadi alternatif sebagai susu nabati. Susu oat juga merupakan pilihan yang baik untuk penderita alergi dan intoleransi makanan tertentu, karena bebas laktosa, kacang-kacangan dan kedelai. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Dilansir Healthline, Senin 7 November 2022, susu oat yang notabene dairy free dan rendah lemak, bisa menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang yang intoleransi laktosa. Tapi jangan salah, susu ini tetap memiliki rasa manis. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Selain itu, susu oat juga mengandung tinggi serat. Bahkan serat yang terkandung, dua kali lipat lebih banyak dibanding susu sapi biasa. Sehingga, susu ini sangat baik untuk menjaga usus dan pencernaan agar tetap sehat. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Tidak berhenti di situ, susu oat juga diklaim tinggi vitamin. Susu oat mengandung vitamin B tiamin dan folat, yang dapat mendukung pemecahan karbohidrat (tiamin) sebagai energi dan menjaga fungsi normal untuk sel darah merah (folat). 

Oat milk atau susu oat

Photo :
  • everydayhealth
6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

PR & Influencer Marketing Manager Tomoro Coffee, Deri Jindhar, menambahkan, susu oat juga mendapatkan kepopuleran di Indonesia karena rasanya yang lembut dan lezat. Selain itu, susu oat juga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

"Susu oat mengandung beta-glukan yang baik untuk kesehatan jantung dan memiliki kandungan lemak jenuh lebih rendah dibanding susu dairy biasa," ujar Deri saat peluncuran kolaborasi Tomoro Coffee X Oatside, melalui keterangannya.

Lalu, bagaimana jika susu oat ditambahkan ke dalam minuman kopi?

Deri lebih lanjut mengatakan, Manuka Oat Latte dan Hojicha Oat Latte, dari Tomoro Coffee hasil kolaborasi dengan Oatside yang baru diluncurkan juga mengandung susu oat. Menurutnya, kedua minuman tersebut memberikan cita rasa yang unik sekaligus menawarkan manfaat kesehatan. 

"Dengan madu manuka yang mengandung probiotik untuk meningkatkan kesehatan usus, dan hojicha yang memiliki theanine yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, minuman terbaru ini menawarkan alternatif yang sehat di pasaran," kata dia. 

"Dengan kesadaran pasar akan peningkatan kesehatan, tujuannya adalah untuk memberikan para pelanggan Tomoro Coffee kemudahan mengakses minuman berbasis kopi dan non kopi yang sehat dan enak. Kolaborasi ini merupakan langkah ke arah yang benar," imbuh Deri Jindhar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya