Resep Sehat Udang Kacang Panjang, Praktis dan Lezat untuk Si Kecil

Ilustrasi udang.
Ilustrasi udang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Kuliner – Anak-anak kerap sulit mengonsumsi jenis sayuran karena rasanya yang dinilai kurang nikmat di lidah. Padahal, sayuran kaya akan serat, vitamin, serta mineral, yang baik untuk kebutuhan tubuh terutama di era pandemi COVID-19 ini dalam mencegah penularan penyakit.

Porsi seimbang menjadi anjuran banyak pakar untuk asupan penting si kecil dalam memenuhi kebutuhan gizinya. Hal ini penting lantaran mampu membangun imunitasnya lebih baik sehingga anak akan terhindar dari bahaya penyakit menular. Sayangnya, banyak orang tua yang kesulitan membuat si kecil gemar konsumsi sayuran.

Nah, salah satu yang bisa dicoba adalah memadukannya dengan sumber protein, udang. Selain membantu menjaga porsi seimbang dalam satu hidangan, rasa dari sayuran pun bisa lebih lezat dan nikmat dengan tambahan daging udang di dalamnya.

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Udang ini tinggi protein, bagus untuk tilang. Manfaatkan kandungan vitamin B, kalsium, fosfor juga untuk cegah osteoporosis," tutur dokter spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, dalam acara Hidup Sehat tvOne, baru-baru ini.

Kandungan lemak pada udang juga baik bagi anak-anak yang masih membutuhkan untuk proses tumbuh kembangnya. Dalam 100 gram udang, setara dengan 13-14 ekor udang kecil, yang mengandung 300 mg kolesterol.

"Kalau jumlah kolesterol tidak melebihi batasan, masih aman dikonsumsi. Pada orang sehat, batasannya 300 mg. Sementara yang sudah memiliki kolesterol tinggi, cukup 200 mg. 

Halaman Selanjutnya
img_title