Mixue Halal, Ini 9 Fakta Unik Es Krim di Dunia

Ilustrasi es krim
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA Kuliner – Mixue kini telah resmi menerima sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kabar ini tentu menggembirakan pecinta es krim di Indonesia lantaran sebelumnya sempat bikin heboh lantaran belum mendapatkan sertifikasi halal MUI padahal cabangnya sudah ada di mana-mana.

Indonesia and Uruguay Explore Cooperation in Halal Products

Melalui laman resminya, Majelis Ulama Indonesia menerbitkan Ketetapan Halal produk Mixue Ice Cream & Tea yang diterbitkan setelah Komisi Fatwa melaksanakan sidang produk halal pada Rabu, 15 Februari 2023 kemarin.  

Ketatapan Halal tersebut dikeluarkan oleh MUI untuk Mixue setelah menelaah dan mengkaji laporan audit kehalalan yang disampaikan pimpinan Lembaga Pemeriksa Halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPH LPPOM MUI). Disampaikan oleh Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh, bahwa produk Mixue sudah sesuai dengan produk halal. Bahan-bahannya berasal dari produk yang suci dan prosesnya terjamin.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Gerai Mixue yang mulai menjamir di Indonesia

Photo :
  • Mixue

"Bahan produk Mixue telah memenuhi standard halal yang ditetapkan MUI, semua bahan yang digunakan halal dan suci, serta proses produksinya terjamin kesuciannya,” ujarnya dikutip dari laman MUIDigital pada Jumat, 17 Februari 2023.  

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Es krim sendiri sudah ada sejak zaman nenek moyang di seluruh dunia. Tak heran, es krim memiliki berbagai macam bentuk dari berbagai negara dengan fakta unik tak biasa. Berikut fakta unik soal es krim di dunia dikutip laman Kiwi.

Berasal Dari China

Banyak dari kita mungkin berasumsi bahwa es krim berasal dari Italia, karena kekayaan gelato Italia yang terkenal. Padahal, es krim yang dibuat khusus dengan susu, konsep yang kita kenal saat ini, merupakan ramuan Cina dari sekitar tahun 200 Masehi. Itu dibawa ke Eropa (melalui Italia) lebih dari 1.000 tahun kemudian oleh penjelajah Marco Polo.

Selandia Baru mengkonsumsi es krim paling banyak

Pada tahun 2022, gelar pemakan es krim paling rajin di dunia jatuh ke tangan orang-orang Selandia Baru. Kiwi rata-rata mengkonsumsi 28,4 liter barang dalam setahun, yang merupakan bukti kualitas tinggi produk susu yang terkenal di negara ini.

Ilustrasi es Krim/gelato.

Photo :
  • Pixabay

Negara pecinta es krim lainnya termasuk AS, di mana 20,8 liter yang mengesankan dimakan per kapita; dan Australia, di mana setiap orang menyimpan 18 liter.

Iran membuat es krim mie

Faloodeh adalah makanan penutup khas Iran yang berasal dari Kerajaan Persia, terdiri dari mi bihun pati setengah beku dalam campuran air mawar dan sirup. Kedengarannya khas Timur Tengah, kombinasi rasanya tidak terlalu jauh dari baklava dan kesenangan Turki, dan sebagai tambahan, suguhan seperti sorbet ini dihiasi dengan air jeruk nipis, kunyit, atau kacang cincang alami.

Dibutuhkan 12 pon susu untuk membuat satu galon es krim

Bukan fakta yang sangat dibutuhkan, tetapi hanya untuk diketahui, pertimbangkan ini. Seekor sapi dapat menghasilkan 64 pon susu dalam satu hari. Artinya, jika Anda hanya memiliki satu sapi, Anda dapat membuka toko es krim kecil dan menjual hingga 5,3 galon kebaikan setiap hari.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik/freepik

Es krim alami ada di Amerika Selatan

Di lembah Andean di Peru, Ekuador, Kolombia, dan Venezuela tumbuh pohon pacay, dan buahnya rasanya persis seperti es krim vanila. Pertumbuhan seperti polong diisi dengan kacang berwarna gelap dan bubur putih manis seperti kapas yang dikemas dengan nutrisi. Bahkan ada minuman beralkohol yang dibuat darinya yang disebut cachiri, yang rasanya agak mirip dengan sari.

Sebuah perusahaan Norwegia membuat es krim cone terbesar yang pernah ada

Mereka menyukai es krim mereka di Norwegia, dan pada tahun 2015, perusahaan es krim Hennig-Olsen mencetak rekor baru untuk es krim terbesar. Kerucut seberat 110 kilogram dengan 1.080 liter es krim di atasnya setinggi tiga meter dan delapan sentimeter, dan bisa menyediakan 10.800 porsi dua sendok. Rasa apa itu? Vanila dengan topping stroberi dan cokelat.

Es krim santan adalah makanan tradisional di Indonesia

Dikenal sebagai es puter, menurut sejarah, es krim berbahan dasar santan asal Indonesia muncul karena kelapa lebih mudah didapat daripada susu sapi. Ini benar-benar vegan secara kebetulan, teksturnya lebih padat dan lebih kasar dibandingkan dengan es krim susu, dan biasanya diberi topping buah lokal seperti durian, alpukat, atau nangka. Jangan lupa untuk mencobanya ketika Anda datang ke Indonesia!

ilustrasi santan.

Photo :
  • Pixabay/Liza redfern

Es krim vanila, secara statistik, adalah yang paling Instagrammable

Tidak mengherankan jika vanila klasik adalah rasa es krim paling populer di seluruh dunia, dan mungkin akan selamanya. Tapi tahun lalu, beberapa penelitian yang memanjakan menemukan bahwa meskipun penampilannya sederhana, itu bahkan menjadi rasa yang paling Instagrammed. Tagar yang mengandung kata 'es krim vanila' berjumlah 439.108 pada saat penelitian.

Matcha hijau terang (lebih tepatnya) berada di urutan kedua dengan 315.714 tagar, hanya menyalip cokelat dengan 301.979.

Rasa es krim paling aneh di Jepang

Sementara vanilla secara universal tidak menyinggung, taman hiburan dalam ruangan Namjatown di Tokyo memiliki tempat makan yang disebut Ice Cream City, di mana Anda dapat mencicipi beberapa rasa es krim yang aneh dan benar-benar mengocok perut. Jangan terkecoh dengan penyajiannya yang menggemaskan. Deret es krim itu bisa berasal dari kemangi, terong, tiram, belut, lidah sapi, atau bahkan es krim “batubara” dan “kari India”. Sejujurnya, ini persis seperti yang Anda harapkan di Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya