8 Jenis Cabai di Dunia dan Manfaat Sehat untuk Tubuh

Ilustrasi cabai.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Kuliner – Lebih dari 200 varietas cabai dikenal di dunia, buah yang termasuk dalam famili capsicum dan nightshde, matang dengan beragam tekstur, warna dan rasa, dan tidak semuanya pedas.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Cabai yang menghasilkan rasa pedas lebih besar di lidah tinggi akan capsaicin, senyawa yang terkonsentrasi di bijinya, dan kantung daging yang berdekatan. Kandungan inilah yang bertindak sebagai pengusir hama alami.

Dilengkapi dengan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, cabai diketahui bisa membantu mencegah penyakit karena gaya hidup seperti kanker dan sakit maag. Selain itu, kemampuan mereka untuk menciptakan panas di dalam tubuh juga mengaitkan cabai dengan penurunan berat badan, begitu juga menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Mari mengenal sejumlah jenis cabai, mulai dari jalapeno hingga habanero yang dikutip dari Nourish Magazine.

Ilustrasi cabai.

Photo :
  • U-Report
Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Anaheim
Saat berubah merah matang, cabai yang manis dan lembut ini cocok untuk isian. Saat hijau dan belum terlalu matang, bisa menjadi tambahan pada masakan Meksiko atau menambah sedikit rasa pedas.

Chile de Arbol
Pecinta pedas akan menginginkan jenis ini di makanan mereka. Dihibridasi dari cabai cayenne, chile de arbol sangat-sangat pedas sebelum buahnya matang.

Chipotle
Salah satu cabai yang sering digunakan, chipotle sebenarnya jalapeno merah kering dan diasap dengan kayu bakar.

Fireflame
Rasa yang ringan, cabai ini dikenali berkat bentuknya yang panjang dan meruncing, dan menambah sedikit rasa pedas pada makanan.

Guajillo
Cabai berwarna merah dengan sedikit kuning kecokelatan, disebut mengingatkan pada rasa campuran teh hijau dan buah berry. Cabai ini juga yang menjadi dasar banyak saus di masakan asli Meksiko.

Habanero
Jika kamu satu dari beberapa orang yang suka pedas, cabai ini cocok buatmu. Dipasangkan dengan masakan berbasis tomat, habanero akan membuat kamu banjir keringat.

Jalapeno
Warnanya hijau, jalapeno pedas adalah cabai berukuran lebih kecil, biasanya berbentuk seperti segitiga kecil. Sering dibuat acar, cabai ini ideal untuk roti lapis begitu juga dengan masakan yang butuh tambahan rasa pedas.

Pablano
Bahan yang umum digunakan untuk saus, pablano sering menghasilkan rasa pedas yang ringan.

Cabai tentu adalah bahan masakan yang akrab bagi orang Indonesia, terutama sambal. Para pecinta sambal bisa mencicipi beragam sambel dari berbagai daerah di Sambel Bu Ika.

Ilustrasi masakan Indonesia.

Photo :
  • ist

Ada 30 varian sambal yang disajikan dengan citarasa kaya rempah, di antaranya ada sambel amarah ibu, sambel wader, sambel bajak, sambel cumi asin, hingga nasi sambel uleg.

Tersedia juga beragam lauk goreng dan bakar yang cocok dicocol sambel. Berbagai menu Sambel Bu Ika yang baru dibuka di Pamulang, Tangerang Selatan ini bisa dinikmati mulai dari Rp5.500.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya