Menu Sahur dan Buka Puasa Ala Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Kuliner  – Umat Muslim saat ini tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan ke depan. Puasa dijalani dengan melakukan sahur dan berbuka sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Nasib 11 Pedagang Miras di Aceh yang Nekat Berjualan saat Ramadhan, Ini Ancaman Hukumannya

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita menjadi sosok yang sederhana, begitu pula saat makan sahur dan buka puasa. Berikut ini menu sahur dan buka ala Nabi Muhammad SAW yang dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Kurma

Lengkapi Kebersamaan Buka Puasa, Midea Distribusikan Ribuan Paket Takjil Gratis di Jabodetabek

Manfaat kurma

Photo :
  • U-Report

Seperti diketahui, kurma menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW. Saat sahur dan berbuka, Rasulullah SAW juga memakanan makanan sederhana ini. 

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa, 19 Maret 2024

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “sebaik-baik (menu) makan sahur seorang Mu’min adalah tamar (kurma).”

2. Susu

Minum susu.

Photo :
  • Times of India

Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW juga suka minum susu yang juga bisa diminum baik saat sahur maupun buka. Rasulullah SAW rupanya paling suka dengan susu kambing dari banyaknya berbagai jenis susu. Hal itu lantaran susu kambing disebut mengandung banyak manfaat. 

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur

Photo :
  • Times of India

Selain kurma dan susu, buah dan sayur tentu juga menjadi salah satu makanan yang dimakan Nabi Muhammad SAW. Adapun buah-buahan yang kerap dimakan Nabi misalnya seperti buah delima, buah tin, buah zaitun, buah anggur hingga melon.

Sedangkan sayuran bisanya seperti labu, zucchini, bit dan timun. Buah dan sayur sendiri dapat melengkapi kebutuhan tubuh dengan vitamin, mineral dan serat. 

Daging domba mentah.

Photo :
  • U-Report

Daging hewani juga menjadi makanan berat yang dimakan oleh Nabi SAW, misalnya seperti daging domba. Karena daging domba juga mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti mencegah anemia, untuk daya tahan tubuh, untuk kesehatan kulit dan juga kesehatan saraf.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Photo :
  • U-Report

Terakhir ada kacang-kacangan yang juga dikonsumsi dan disukai Nabi SAW. Menu yang paling disukai dari kacang-kacangan adalah tharid, masakan kaldu berisi kacang chickpea atau kacang Arab. Biasanya makanan tersebut dimakan Rasulullah SAW setelah sholat maghrib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya