3 Kreasi Gandum Sehat Menggugah Selera, Praktis Untuk Sahur

Ilustrasi bubur gandum/oatmeal/sarapan.
Sumber :
  • Freepik/Racool_studio

VIVA Kuliner – Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kesehatan serta membantu mempertahankan energi tubuh agar terhindar dari rasa lapar dan lemas. Karbohidrat kompleks dan protein adalah contoh sumber energi yang lama dicerna oleh sistem pencernaan sehingga energi yang didapat akan maksimal. 

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Oleh karena itu, pilihan makanan yang tepat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Selain karbohidrat kompleks dan protein, serat juga merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga aktivitas tubuh. 

Karena lebih lama dicerna di dalam perut, sistem pencernaan bisa lebih lebih aktif dan terjaga kesehatannya selama berpuasa. Manfaat ini juga membantu menjaga rasa kenyang hingga 4 jam lebih lama, jadi kamu tidak akan merasa kelaparan hingga waktu berbuka puasa nanti.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Lalu, makanan apa yang efektif untuk sahur dan sesuai dengan kriteria-kriteria tersebut? Olahan berbahan dasar gandum adalah jawabannya! Dengan kandungan nutrisinya yang kaya akan serat dan nutrisi mikro lainnya, mengonsumsi semangkuk oats (setara 100 gram) setiap sahur bisa membantu menjaga aktivitas puasa di siang hari hingga menjelang waktu berbuka.

Target Rampung 2025, Pupuk Kaltim Mulai Revamping Pupuk Tertuanya

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi. Kandungan tinggi serat dan sumber protein dari oat dapat dikonsumsi saat sahur dan berbuka, sehingga kenyang lebih lama untuk kebaikan di bulan Ramadhan," ujar Commercial Director Quaker, Andina Mutya, dalam keterangan pers Shopee dan Quaker Oats.

Oatmeal atau oat merupakan jenis serealia yang kaya akan serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kesehatan dari oat sebagai pilihan makanan sahur dan berbuka puasa diantaranya menjaga kesehatan jantung dan bantu turunkan kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah, melancarkan pencernaan serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Ramadan bukan hanya momentum untuk memperbanyak ibadah namun juga bisa mendatangkan banyak hal positif bagi kesehatan tubuh. Melihat pentingnya asupan nutrisi yang tepat untuk mendukung kesehatan tubuh dalam menjalankan puasa selama Ramadhan, kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Quaker Oats dalam kemeriahan kampanye Shopee Big Ramadan Sale," tambah Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia, Daniel Minardi.

Ada beberapa ide makanan gurih dan manis yang dapat dibuat dengan menggunakan gandum. Untuk membuat makanan gurih bisa menggunakan Quaker Quick Cooking dengan kemasan berwarna biru yang penyajiannya harus dimasak 2 menit di atas kompor untuk bisa dikreasikan menjadi makanan sahur seperti Quaker Creamy Corn Soup, Bubur Oat Ayam Kampung, Hainan Chicken Oatmeal, atau Veggie Oats Omelette. 

Sedangkan untuk ide makanan manis untuk berbuka puasa bisa menggunakan Quaker Instant Oatmeal dengan kemasan berwarna merah yang penyajiannya hanya perlu diseduh dengan air panas dahulu sehingga bisa mudah untuk dikreasikan menjadi makanan seperti Bubur Kacang Hijau Oatmeal, Quaker Kurma & Almond Delight, Berry Nut Oatmeal atau Strawberry Mousse Oats. 

Oatmeal.

Photo :
  • U-Report

Kamu dapat menemukan berbagai resep Quaker Oats di Youtube, Instagram, maupun Facebook Quaker Indonesia. Berikut 3 resep yang bisa dicoba.

Telur Dadar Gandum

Persiapan

Cuci dan potong sayuran yang diperlukan: 2 sdm bawang bombay, 2 sdm capsicum, 2 sdm wortel parut, 2 sdm dibuang bijinya dan dicincang keras
tomat. 

2 buah cabai hijau diiris, ketumbar (daun ketumbar) dicincang halus. Anda juga bisa menggunakan bawang daun dan kubis. Sisihkan.

Masukan ke dalam mangkuk tambahkan tepung oat, garam kunyit, merica bubuk dan oregano jika ada. 

Proses tepung oat: siapkan 14 cangkir Quaker Oat dalam mixer atau prosesor. Anda akan mendapatkan sekitar 74 cangkir tepung.

Tambahkan 3 sdm susu ke tepung dan membuat adonan bebas gumpalan. Aduk, lalu siapkan 2 butir telur dan susu vegan, susu oat juga sangat baik untuk ini.

Kocok telus semuanya dengan garpu sampai berbusa ringan. Campuran harus menjadi konsistensi tuang. Campur 1 hingga 2 sdm lebih banyak susu. Sisihkan.

Tambahkan 1,5 sdt minyak ke dalam wajan. Panaskan

Setel api ke sedang. Saat wajan sudah cukup panas, tuang telur campuran.

Campur semua sayuran. Tekan sayuran dengan lembut spatula. Ketika dasarnya cukup kuat, balik sisi lain. Masak sampai sisi lainnya matang sepenuhnya

Jika suka bisa ditaburi bubuk merica. Potong beberapa bagian. Sajikan.

Sup Gandum Jagung

BAHAN-BAHAN

1/2 cup Quaker Oat
1 1/2 cangkir jagung manis
4-5 buah bawang putih cincang halus
Lada hitam secukupnya
2 sdn daun ketumbar cincang
1 sdm mentega atau ghee
Garam secukupnya
1/4 sdt oregano (opsional)
3 gelas air

Cara mengolah

Panaskan mentega atau ghee dalam wajan. Tambahkan bawang putih dan tumis sampai bau mentahnya hilang
Sekarang tambahkan oat dan panggang selama 1-2 menit.
Masukkan jagung, daun ketumbar, bubuk cabai (jika mau), oregano, garam, lada hitam dan aduk rata.
Tambahkan 3 gelas air dan didihkan dengan api besar. setelah mulai mendidih kecilkan api dan
masak hingga jagung matang.
Sesuaikan air dan garam.
Taburkan lada hitam pada sup jagung manis
dan sajikan panas.

Gandum Kurma dan Kacang

Bahan-bahan

4 cangkir Quaker Oat
2 cangkir buah kering (seperti kismis, kurma, atau cranberry), cincang jika menggunakan buah yang lebih besar
2 cangkir buah segar (seperti apel, berry, atau buah ara), potong dadu kecil
2 cangkir kacang tawar (seperti kenari, pecan, atau almond), cincang
3 cangkir susu nabati (seperti almond, oat, kedelai, atau kelapa)
2 cangkir muesli (opsional)
2 sendok teh gula merah (opsional)

Cara mengolah:

Dalam wadah besar, gabungkan semua bahan.
Masak dengan api kecil selama sekitar 10 hingga 15 menit, aduk terus. Biarkan dingin dan simpan di lemari es.
Untuk menyajikannya, masukkan satu porsi ke dalam piring tahan microwave, tambahkan sedikit susu nabati, dan panaskan dengan api besar selama 1 menit hingga 1 menit 30 detik. Atau tambahkan susu dan hangatkan dalam panci dengan api kecil di atas kompor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya