Terjawab, Mengapa Wanita Lebih Cepat Dewasa

Ilustrasi Otak
Sumber :
  • iStockphoto
VIVAlife - Menurut teori psikologi, wanita lebih cepat dewasa dibanding pria. Yang mencengangkan, sebuah studi mengumumkan waktu tepat di mana pria benar-benar berproses menjadi dewasa. Yakni pada usia 43 tahun. Atau 11 tahun lebih lama dibanding wanita. 
Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Studi yang meneliti proses pendewasaan gender tersebut mengungkap: pria dan wanita sama-sama setuju bahwa pria dianggap belum dewasa hingga awal usia 40 tahun. Sebaliknya, wanita mencapai tingkat kedewasaan maksimal mereka pada usia 32 tahun.
Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan

Menyusul temuan itu, penelitian baru juga membuktikan bahwa otak wanita lebih cepat matang laki-laki. Para peneliti dari Newcastle University ini memaparkan bahwa seiring bertambahnya usia, kerja otak akan menjadi lebih efisin dan ramping.
Jaga Kaki Tetap Sehat, Ini 5 Tips Pilih Sandal yang Nyaman

Studi terhadap 121 orang berusia empat hingga 40 tahun ini menemukan, proses pemangkasan dimulai sejak umur 10 tahun pada anak perempuan. Tapi pada anak lelaki baru dimulai di usia 20 tahun.

Peneliti Dr Marc Kaiser berkata:"Pemangkasan adalah bagian dari proses belajar normal. Otak secara keseluruhan masih berkembang tetapi kehilangan koneksi". 

Menurutnya, ini seperti proses mendengar dalam keramaian. Bila mendengar semua orang bercerita, kita takkan bisa berkonsentrasi. Tetapi mendengarkan hanya beberapa pembicaraan akan lebih jelas."Jika beberapa koneksi tidak ada, lebih mudah untuk melakukan pekerjaan," katanya seperti dimuat Mail Online.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cerebral Cortex tersebut juga menunjukkan bahwa koneksi jarak jauh antar area di otak tetap dipertahankan. 

Peneliti Sol Lim mengatakan, "Hilangnya konektivitas selama perkembangan otak dapat membantu meningkatkan fungsi otak dengan reorganisasi jaringan lebih efisien".
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya