Menebak Kepribadian dari Status Facebook

Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA.co.id - Media sosial, seperti Facebook telah mengubah cara seseorang bersosialisasi. Misalnya, meski sudah bertahun-tahun tidak bertemu dengan teman, Anda tetap mengetahui seluk-beluk kehidupan pribadinya.

Hal ini bisa diketahui lewat status mereka di Facebook yang terkadang mengungkap segala aspek dalam kehidupan, termasuk soal rumah tangga atau bahkan hal yang paling detail, seperti menu sarapan.

Hal ini rupanya menarik perhatian para psikolog di Brunel University, London. Mereka melakukan penelitian tentang status seseorang di situs jejaring sosial yang diciptakan Mark Zuckerberg tersebut.

Para peneliti ini mengumpulkan data dari 555 pengguna Facebook. Para partisipan diminta mengisi survei online yang kemudian digunakan untuk mengukur ciri-ciri Big Five Personality (extroversion, agreeableness, neuroticism, openness, dan conscientiousness) serta narsisme dan harga diri.

Peneliti menemukan bahwa kepribadian partisipan cenderung memengaruhi status mereka di Facebook.

"Ini mungkin muncul sebagai sebuah kejutan kecil bahwa status Facebook mencerminkan ciri kepribadian orang. Namun, penting untuk memahami kenapa orang menulis topik yang berbeda pada Facebook," ujar salah seorang dosen psikologi di Brunel University,
Dr. Tara Marshal, seperti dilansir laman Huffington Post dan Health.

Berikut adalah pola umum mengenai status orang di Facebook yang berhasil ditemukan oleh para peneliti.

Selalu menulis status tentang anak

Artinya:

Menurut studi, orang-orang yang menulis sebagian besar status mereka tentang anak lebih mungkin sebagai orang yang teliti.

Mereka dianggap teroganisir, bertanggung jawab, dan pekerja keras. Mereka yang termasuk kelompok ini juga lebih jarang menggunakan Facebook ketimbang teman-temannya.

Ketika log in, mereka juga cenderung mencari 'aman' dengan menulis status seperti kabar bahagia tentang keluarga dan hal-hal lucu dalam kehidupan sehari-hari. Tak ada gosip dan mereka cukup bijaksana.  

Selain itu pengguna Facebook dengan tipe ini juga memiliki lebih banyak teman di Facebook.

Selalu menulis tentang gerak-gerik pasangan

Artinya:

Peneliti menilai perilaku ini memperlihatkan rasa tidak aman dan rendah diri.

Status semacam ini dilakukan untuk meningkatkan harga diri, menekan rasa tidak aman, dan memberikan jaminan bahwa hubungan mereka dengan pasangan semakin kuat. Namun sayangnya, status tersebut rata-rata mendapatkan sedikit 'likes' dari pengguna Facebook.

Selalu menulis tatus tentang pandangan politik dan hal terkait intelektual

Artinya:

Status seperti ini terkait dengan orang dengan pikiran terbuka, memiliki rasa ingin tahu, dan kreatif.

Pengguna Facebook dengan status seperti ini tak mau basa-basi. Mereka memandang Facebook sebagai cara untuk memberikan pesan dan berbagi tentang informasi yang perlu diketahui banyak orang. Sebagai contoh, merekomendasikan buku yang membuat mereka kagum.

Ketika sebagian besar status berisi foto dengan sekelompok besar teman-teman

Artinya:

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Termasuk orang yang ekstrover atau bersikap terbuka.

Bagi seseorang yang suka berteman dan banyak bicara, Facebook menjadi wadah yang tepat untuk memamerkan kehidupan sosial mereka yang luar biasa. Orang dengan tipe ini akan sering menulis status dan tidak mengherankan bila mereka memiliki banyak teman.

Ketika status berisi 'drama' yang tak pernah berakhir

Artinya: Terkait dengan neuroticism.

Tipe ini biasanya menggunakan emoticon yang menunjukkan wajah marah atau sedih ketika menulis status di Facebook. Akibat mudah cemas, mereka menggunakan Facebook untuk mencari perhatian dan dukungan yang hilang dari kehidupan nyata.

Biasanya status yang ditulis cenderung dramatis. Mereka juga menggunakan Facebook sebagai sebuah pembenaran. Biasanya status yang ditulis sangat emosional dan bahkan personal.

Status tentang otot perut

Artinya: Kemungkinan besar tipe narsis.

Mereka yang menulis status ini cenderung sangat menjaga penampilan dan senang mencari perhatian dengan sering membual tentang pencapaian mereka.

Meski status ini banyak mendapat 'likes' dan komentar, tetapi peneliti menilai bahwa kemungkinan pengguna Facebook lain hanya berusaha bersikap sopan, padahal mereka diam-diam membencinya.

Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016