Tips Praktis Rawat Alat Masak Elektronik

Ilustrasi peralatan dapur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Penggunaan yang praktis dari peranti masak elektronik yang ada di rumah cenderung membuat banyak orang lupa untuk merawatnya. Alhasil peralatan pun bisa bermasalah sebelum masa pakainya berakhir. 

Enam Tips Jitu Mengasah Pisau Tumpul di Rumah

Nah, perawatan yang tepat tidak hanya mampu memerpanjang umurnya namun juga menghemat listrik.

Merawat tentu tidak hanya sebatas membersihkan secara rutin, tetapi juga menggunakan sesuai fungsinya. Hal itu dapat dilakukan dengen membaca panduan pemakaian.

10 Desain Perkakas Dapur yang Unik dan Keren

"Sebenarnya banyak orang yang tidak membaca panduan pemakaian. Itu sebabnya peranti masak pun tidak dirawat dan jadi cepat rusak," ujat Chef Yuda Bustara dalam acara demo masak Phillips yang digelar belum lama ini.

Oleh karena itu, simak beberapa tips merawat peranti masak di rumah berikut ini.

Ini Cara Perbaiki Kosmetik Rusak

1. Blender

Setelah digunakan, tabung dan pisau dicuci dengan menggunakan pembersih dan air kemudian dikeringkan. Untuk bagian mesin cukup bersihkan dengan menggunakan kain kering.

2. Rice cooker

Usai digunakan, rendam wadah rice cooker beberapa saat dengan air. Cuci bersih menggunakan sponge lembut. Itu karena sponge kasar dapat merusak lapisan permukaan wadah. Bagian tutup rice cooker juga harus dibersihkan dengan kain lembab. Jangan lupa membersihkan penampung air di belakang rice cooker agar nasi tidak lekas bau.

3. Kompor listrik

Bersihkan kompor dengan kain lembab dan kering hingga ke sela-sela setiap kali habis digunakan. Hindari meletakkan kompor listrik dekat air.

4. Mixer

Setelah digunakan, bersihkan badan mixer dengan kain lembab. Bersihkan pemutar adonan dengan air sabun cuci hingga ke sela-sela. Bukalah penjepit roda gigi lalu bersihkan dan lumasi dengan pelumas minimal setahun sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya