Diciptakan Alat Canggih yang Buat Anda Tak Perlu Duduk

LeanChair (Kiri), Penemu LeanChair bersama prototipenya (kanan).
Sumber :
  • Kickstarter
VIVA.co.id
Kursi-kursi Cantik Ini Dilelang Mulai Rp50 Juta
- Para peneliti telah lama membuktikan bahwa duduk terlalu lama mampu membahayakan kesehatan Anda bahkan hampir sama dengan efek merokok.

Inovasi Baru, Payung Bisa Jadi Tempat Duduk
Menghabiskan waktu seharian dengan duduk selama berjam-jam mampu melipatgandakan risiko diabetes dan dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Namun, berdiri dalam waktu yang lama tentu saja akan mengganggu dan terasa tidak nyaman.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel
Untuk itulah hadir sebuah alat unik yang diciptakan untuk memberikan kenyamanan para pekerja kantoran yang ingin menghindari duduk terlalu lama di belakang meja kerja.

Dilansir dari Dailymail, kursi yang dinamakan LeanChair ini berbentuk sedikit miring ke belakang dengan sandaran yang nyaman untuk menopang punggung pemakainya.

Para pencipta alat ini mengklaim kursi tersebut mampu menurunkan risiko-risiko yang diasosiasikan dengan duduk terlalu lama.

Dengan kursi unik ini, pemakai akan tetap memertahankan posisi berdiri dengan beban yang ditopang oleh kaki, namun tetap merasa nyaman dan tidak mudah lelah karena posisi yang miring serta bantalan penyangga di bagian belakang.

Sang pencipta alat ini merupakan seorang software developer yang berbasis di Kentucky, Amerika Serikat bernama Wayne Yeager. Ia memiliki ide membuat alat tersebut setelah membaca banyak artikel mengenai bahaya dari duduk terlalu lama.

Menurut dia, menghabiskan waktu yang lama dengan duduk adalah hal terburuk yang dilakukan seseorang pada tubuhnya.

"Bekerja sambil berdiri memang lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Anda bisa memaksa diri dan melawan nyeri fisik, tapi itu akan tetap menjadi masalah," ujar Yeager.

Ia juga mengklaim LeanChair membuat pemakainya menopang 25 persen berat badannya dengan kaki mereka. Hal itu membuat pemakai akan merasa jauh lebih nyaman dibandingkan berdiri.

Ia pun menyertakan meja yang bisa diatur untuk meletakkan laptop atau alat yang dibutuhkan untuk bekerja.

Saat ini dia telah memulai kampanye di situs Kickstarter dan menawarkan siapa pun yang menginvestasikan US$255 atau sekitar Rp3,3 juta untuk biaya produksi massal LeanChair akan mendapatkan satu unit alat ciptaannya itu.

"Sewaktu saya membuat LeanChair pertama, saya membuatnya hanya untuk diri sendiri. Saya tak pernah membayangkan dunia akan menyukainya," ujar Yeager.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya