13 Jenis Fobia Makanan

Ilustrasi makan menggunakan sumpit
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri
- Fobia atau gangguan
anxietas fobik
7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya
adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Bagi orang-orang yang tidak menderita fobia apa pun, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap sering dijadikan bulan-bulanan oleh orang-orang di sekitarnya.

7 Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Membuat Wisatawan Bingung
Jangan kira fobia hanya berkaitan dengan tempat tinggi, ruangan gelap atau ruangan sempit saja. Terdapat pula berbagai jenis fobia lain yang terbilang cukup aneh. Banyak di antaranya yang berhubungan dengan makanan. Berikut ini adalah di antaranya seperti yang dilansir dari Times of India.

1. Alektorophobia adalah fobia pada ayam atau makanan yang terbuat dari ayam. Penderita fobia ini bahkan sangat ketakutan saat mendengar orang lain berkata, "Ini terasa seperti ayam."

2. Carnophobia adalah fobia pada semua daging. Penderita biasanya menghindari melihat daging di atas piring mereka dan bahkan tidak mau melihat toko penjual daging.

3. Ichthyophobia adalah fobia pada ikan atau olahan ikan. Orang yang menderita fobia ini bahkan tidak dapat melihat akuarium atau melihat ikan yang sedang dimasak.

4. Ostraconophobia adalah fobia pada kerang. 

5. Allumphobia adalah fobia pada bawang putih. Orang yang menderita fobia ini sangat menghindari aroma bawang putih dan bahkan tidak ingin melihat bawang putih di pasar atau dapur.

6. Lachanophobia adalah fobia pada sayuran. 

7. Mycophobia adalah fobia pada jamur. Penderita fobia ini merasa sangat jijik dan berpikir bahwa jamur tumbuh pada kotoran dan sangat menghindari makanan olahan jamur.

8. Cibophobia adalah fobia makan. Orang yang menderita fobia ini selalu merasa ketakutan setiap kali menyantap makanan.

9. Geumophobia adalah fobia pada rasa. Orang-orang yang menderita fobia ini takut merasakan makanan yang belum pernah mereka cicipi karena tak mau merasakan cita rasa baru.

10. Phagophobia adalah fobia menelan. Orang dengan fobia yang satu ini selalu merasakan ketakutan yang amat besar saat menyantap makan.

11. Mageirocophobia adalah fobia memasak. Penderitanya takut dan menghindari hal-hal yang berbau dapur dan pengolahan makanan

12. Consecotaleophobia adalah fobia makan dengan sumpit. Mereka takut bahwa sumpit akan melukai dan berakibat fatal bagi mereka.

13. Arachibutyrophobia adalah fobia pada selai kacang yang menempel pada langit-langit di mulut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya