Ini Tips Memasak Kuliner Hong Kong

Hidangan Hong Kong khas Tim Ho Wan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id -
Anak Muda, Coba Serunya Warung Kekinian Kopdar
Seperti Indonesia yang punya beragam hidangan tradisional dari setiap provinsi dan daerahnya, kuliner Tiongkok juga memiliki karakteristik yang berbeda di setiap wilayah.

Di Restoran Ini, Anak-anak Bisa Kreasikan Makanannya Sendiri

Namun, salah satu kuliner Tiongkok yang sangat populer di dunia adalah yang berasal dari Hong Kong.
Festival Kuliner Prancis Digelar Serentak di Dunia


Menurut Poon Wai Kit, Head Chef Tim Ho Wan, restoran dim sum Hong Kong dengan satu bintang Michelin yang belum lama ini hadir di Jakarta, hidangan khas Hong Kong sedikit berbeda dengan hidangan Tiongkok lainnya.


"Hidangan Hong Kong hanya sedikit memakai minyak dan tidak sepedas hidangan Sichuan," ujar Poon kepada
VIVA.co.id
saat ditemui di Tim Ho Wan, Pantai Indah Kapuk, Kamis, 10 September 2015.


Ia juga mengatakan bahwa hidangan Hong Kong umumnya terdiri dari sup, dim sum, bubur dan mi. Orang Hong Kong juga gemar menyantap sayur-sayuran yang biasa dimasak dengan cara ditumia dan dibuat sup.


Juru masak yang lahir dan dibesarkan di Hong Kong itu pun berbagi sejumlah tips memasak hidangan khas tanah kelahirannya.


Minimalisir bumbu


Sedikit berbeda dengan hidangan Tiongkok pada umumnya, kuliner Hong Kong memiliki cita rasa yang jauh lebih ringan dan menonjolkan rasa alami bahan-bahan yang segar. Ini karena penggunaan bumbu yang sederhana.


"Hidangan Hong Kong umumnya menggunakan cuka hitam, saus tiram, kecap asin, bawang putih dan jahe," ujar Poon.


Ia mengatakan untuk tambahan rasa pedas, masyarakat lokal di sana sering menambahkan sedikit sambal yang terbuat dari cabai dan minyak cabai.


Kaldu dari tulang


Tentu bicara kuliner Hong Kong, mi memainkan perananan yang cukup vital. Masyarakat lokal Hong Kong begitu gemar menyantap mi, baik itu mi rebus maupun mi goreng. Yang pasti sajian mi selalu ditemani dengan kuah kaldu yang lezat.


"Untuk memberikan rasa pada kaldu, kita menggunakan tulang yang direbus selama berjam-jam dengan tambahan bumbu," ujar Poon.


Perhatikan proses masak daging

Agar tekstur daging empuk dan lembut, ia mengatakan bahwa juru masak di Hong Kong biasa memasak daging dengan cara direbus selama satu jam. Daging kemudian didiamkan di dalam air rebusan selama satu jam agar bumbu semakin meresap.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya