Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tidak Busuk

Ilustrasi Sayuran Hijau atau Bayam
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Siapa yang tidak suka menyantap sayuran segar? Selain lezat, sayur juga mengandung sederet nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Namun, kendala yang sering dihadapi adalah sayuran yang dibeli cepat membusuk, sehingga tidak bisa diolah dan dikonsumsi.

Hal tersebut seringkali disebabkan oleh cara penyimpanannya yang kurang tepat.

Dengan menyimpan sayuran dengan benar, Anda dapat mempertahankan keseharan serta ketahanan kandungan nutrisi di dalamnya.

Untuk itu, ketahui beberapa tips menyimpan sayuran yang tepat agar tidak cepat membusuk. Berikut ini beberapa diantaranya seperti yang dilansir dari Times of India:

1. Bit

Anda bisa menyimpan bit di meja dapur sebelum matang. Jika sudah matang, simpan bit di dalam lemari es dengan tas plastik maksimal selama dua minggu.

2. Paprika

Simpan paprika di rak lemari es di dalam kantong plastik selama satu minggu.

3. Brokoli

Agar tahan lama, simpan brokoli di dalam laci lemari es selama kurang lebih lima hari. Pastikan untuk membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu.

4. Kol

Kol harus disimpan di dalam laci lemari es dengan dibungkus plastik. Dengan begitu, kol dapat tahan hingga dua minggu.

5. Wortel

Wortel akan tahan lama dan tetap segar hingga tiga minggu jika disimpan di dalam laci lemari es dengan dibungkus plastik.

6. Kembang kol

Simpan kembang kol di dalam laci lemari es dengan dibungkus plastik maksimal selama lima hari.

7. Mentimun

Mentimun juga harus dibungkus di dalam plastik dan disimpan di laci lemari es, agar tetap segar dan bisa bertahan hingga satu minggu.

8. Sayuran hijau berdaun

Simpan sayuran hijau di dalam laci lemari es selama satu minggu. Bungkus terlebih dulu dengan kantong plastik dan tisu dapur yang kering.

9.  Bawang putih

Cukup simpan bawang putih di dapur atau pantry, di bagian yang kering dan tidak terkena sinar matahari, tanpa dibungkus plastik.

10.  Jahe

Jahe harus disimpan di rak lemari es tanpa dibungkus plastik. Dengan begitu jahe akan tahan hingga satu bulan.

11. Jamur

Simpan seluruh jenis jamur di dalam laci lemari es. Namun, pastikan Anda memasukkannya terlebih dulu ke dalam kantong kertas. Jamur dapat disimpan selama tiga hari.

12. Bawang bombay

Seperti bawang putih, simpan bawang bombay di dapur, di bagian yang kering dan gelap tanpa dibungkus plastik. Ini akan membuat bawang bombay tahan selama satu hingga dua bulan.

13. Kentang

Kentang tak perlu disimpan di dalam lemari es, melainkan cukup di dapur. Pastikan Anda membungkusnya dengan kantong kertas dan simpan di tempat yang kering, tanpa terkena sinar matahari. Seperti bawang bombay, ini akan membuat kentang tahan selama satu hingga dua bulan.

Ladang Pertanian Ini akan Dioperasikan Penuh oleh Robot
Ilustrasi buah dan sayur

Takut Kanker Prostat? Perbanyak Makan Sayur

Diet vegetarian telah dibuktikan mampu turunkan risiko kanker prostat.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016