Ini Penyebab Nasi Cepat Kering dan Menguning

Nasi putih.
Sumber :
  • Ist/imgneed

VIVA.co.id - Sudah menjadi kebiasaan ibu-ibu Indonesia memasak nasi satu kali dalam sehari. Biasanya mereka memasak nasi menggunakan rice cooker dalam jumlah yang cukup banyak, sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah.

Nasi yang dimasak pada pagi hari pun akan habis setelah santap keluarga di malam hari. Hal tersebut tentu saja tak ada salahnya, karena teknologi rice cooker sekarang kian canggih.

Namun, seringkali nasi di dalam rice cooker cepat sekali mengering dan berubah warna menjadi kekuningan hanya dalam hitungan jam sesudah matang. Menurut Maria Veronica Simanjuntak, Marketing Manager Philips Personal Health, terdapat berbagai faktor yang menyebabkan nasi cepat basi.

Faktor pertama adalah voltage listrik. Ia mengatakan, di Indonesia voltage listrik sering naik turun sehingga mengganggu proses pemanasan nasi di dalam rice cooker. Ini bisa membuat nasi menjadi cepat kuning dan kering.

"Misalnya saat proses pemanasan rice cooker penuh dengan nasi, nah saat voltage-nya turun rice cooker tidak berfungsi dengan sempurna dalam memanaskan nasi," ujar Maria kepada VIVA.co.id saat ditemui di acara Festival Nasi.

Faktor kedua adalah jenis beras yang memang kurang bagus. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk selalu membeli beras berkualitas yang tahan lama.

Sedangkan faktor terakhir yang menyebabkan nasi cepat kering dan menguning adalah rice cookernya sendiri. Umumnya, rice cooker yang sudah digunakan lebih dari dua hingga tiga tahun, apalagi jika tidak benar-benat dirawat maka fungsinya tak maksimal lagi.

Fungsi pemanas rice cooker yang tidak sempurna dan tutup rice cooker yang tak rapat lagi juga akan menyebabkan nasi cepat basi karena terpapar udara. Rice cooker yang sudah tidak berfungsi dengan baik, fungsi pengaturan suhunya juga sering tidak stabil, yang pasti akan berdampak pada kondisi nasi.

"Padahal, kalau suhunya terlalu rendah, nasi jadi lembek dan cepat basi. Tapi, kalau suhu terlalu tinggi, nasi jadi cepat kering," kata dia.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan
Nasi kuning

RESEP: Membuat Nasi Kuning dengan Mudah dan Cepat

Anda bisa menggunakan rice cooker untuk memasaknya.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2015