Ini Tren Kopi untuk Tahun 2016

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble/Files

VIVA.co.id - Pecinta kopi biasanya selalu mencari informasi terbaru mengenai minuman favoritnya. Dalam hal ini, tentu saja dunia kopi juga selalu memiliki tren yang berubah setiap waktu.

Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Jika beberapa waktu lalu kopi cold brew atau kopi dingin yang menjadi primadona, tahun 2016 sepertinya akan diramaikam dengan sejumlah tren kopi baru.

Berikut ini adalah beberapa tren kopi yang diprediksi akan booming di tahun 2016 mendatang seperti dilansir dari Food World News.
Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Draft coffee
Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi

Direktur kedai kopi Stumptown, Diane Aylsworth berpendapat, minuman kopi dingin seperti shake dan cocktail kopi yang kian digemari tampaknya akan memunculkan tren kopi baru yaitu coffee draft.

Layaknya bir, Aylsworth mengatakan nantinya masyarakat akan melihat kopi dalam bentuk draft yang dapat dinikmati langsung dari semacam keran seperti yang banyak terdapat di bar atau lounge untuk menyajikan bir dalam gelas yang bagian atasnya dipenuhi busa.

"Saat ini bar-bar kopi bagus tidak akan buka tanpa sistem draft. Saya pikir Anda akan melihat ekspansi itu dapam beberapa tahun ke depan," ujar dia.

Signature mix

Tren yang satu ini mungkin telah ada di Indonesia cukup lama. Namun, rupanya di banyak negara lain, ini masih merupakan hal baru. Signature mix atau yang juga sering disebut house specials merupakan kopi racikan sebuah kafe atau kedai kopi yang hanya bisa ditemukan di sana.

Sang barista atau pemilik kafe biasanya mencampur beberapa jenis kopi dari berbagai tempat yang berbeda untuk membuat kopi khasnya.  Ini membuat minuman kopi yang dihasilkan sangat istimewa dan tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Pemilihan air

Direktur Joe Coffee, Amanda Byron mengatakan bahwa air adalah bahan terpenting dalam membuat kopi dan menurut dia, tren kopi selanjutnya akan ditandai dengan pemilihan air yang digunakan untuk menyeduh kopi.

"Belakangan banyak orang yang membicarakan air yang dipakai untuk menyeduh kopi. Saya percaya industri ini akan mulai melihat peran air dan menggunakannya dengan berbagai cara berbeda," ucap Byron.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya