Studi: Penggunaan Ponsel Cerminkan Kepribadian Anda

Sumber :
  • Ist/dateboxclub
VIVA.co.id
Cara Bentuk Alis Sesuai Kepribadian
- Di era digital ini, penggunaan ponsel pintar telah membuat banyak orang kecanduan akan internet dan media sosial. Terkait hal itu, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengungkap bahwa kepribadian seseorang pun ternyata dapat dilihat dari hubungannya dengan ponsel mereka.

Menilik Kepribadian Seseorang Lewat Warna Mata
Dilansir dari Business Insider, secara spesifik, kecenderungan memeriksa ponsel pribadi secara konstan dikatakan merupakan usaha seseorang untuk meningkatkan suasana hatinya.

Survei: Orang Menikah Lebih Bahagia Ketimbang Lajang
Dalam studi yang dipimpin oleh James A. Roberts, Ph.D., dari Baylor University, peneliti meminta 346 mahasiswa mengisi kuesioner dan tes yang didesain untuk mengukur kecanduan mereka terhadap ponsel.

Mereka diminta menjawab setujukah mereka dengan pernyataan seperti 'Saya merasa kesal saat ponsel saya tidak terlihat' dan saya menghabiskan lebih banyak waktu memainkan ponsel daripada yang seharusnya'.

Hasil menunjukkan bahwa ketidakstabilan emosi adalah prediktor kunci kecanduan ponsel.

"Terus menerus memeriksa email, mengirim pesan, bermain Twitter dan berselancar di internet akan membuat individu yang tidak stabil mendapatkan ketenangan dan kenyamanan sementara," tulis peneliti dalam laporan studi.

Studi juga menemukan bahwa pribadi yang tertutup atau orang pemalu memiliki kecenderungan menderita kecanduan ponsel yang lebih rendah.

Hal itu dinilai sangat mungkin terjadi karena perasaan terhubung adalah motivator terpenting dalam penggunaan ponsel dan pribadi tertutup mungkin memiliki lebih sedikit keinginan bersosialisasi lewat ponsel.

Ponsel juga sangat sering digunakan di muka publik. Ini lantas membuat peneliti menyimpulkan bahwa materialisme adalah salah satu hal yang terkait dengan kecanduan ponsel.

Sementara itu, peneliti juga mengatakan bahwa orang-orang yang berkepribadian impulsif atau mereka yang sulit berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan, cenderung lebih mungkin mengidap kecanduan ponsel. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya