Mengenal Ragam Bumbu di Indonesia

Menu makanan menggunakan bumbu dasar kuning.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah
VIVA.co.id
Tips Memasak Mudah dan Praktis Ala Sisca Soewitomo
- Masakan Indonesia memiliki variasi sangat beragam dan cita rasa yang tinggi. Hal yang paling membedakan makanan indonesia dengan luar negeri dari bumbunya.

Kisah Mufid Bisa Naik Haji Sekeluarga Gara-gara Pentol
Chef Widhi Joestiarto dari Unilever Food Solution menjelaskan bahwa bumbu menjadi jantung dari seluruh masakan indonesia. Selain itu, bumbu juga menjadi titik awal dari semua hidangan.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko
"Pada umumnya bumbu menjadi inti dari berbagai masakan Indonesia yang digunakan pada tahap marinating dan memasak dengan cara apapun. Balik tumis, sup, panggang maupun kukus," ucapnya dalam acara Jakarta Food Editor Club Gathering di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis, 19 November 2015.

Banyaknya macam bumbu di Indonesia, lanjut Widhi, kemudian secara garis besar dibagi menjadi tiga. Bumbu dasar merah, putih dan kuning.

Tiga jenis bumbu dasar tersebut bisa dikembangkan menjadi beragam jenis makanan. Berikut beberapa diantaranya.

Bumbu dasar putih

Bumbu dasar ini terdiri dari paduan bawang merah, putih, ketumbar dan kemiri yang dihaluskan. Bumbu ini dapat digunakan pada masakan gudeg, teri daging, sayur lodeh, tempe bacem, dan opor.

Bumbu dasar merah

Bumbu ini terdiri dari cabai merah besar, cabai rawit, bawah merahan bawang putih. Bumbu merah cenderung pedas dan biasanya digunakan pada masakan bumbu sambal goreng, rendang, kering tempe, pepes, sambal bajak, gulai dan aneka balado.

Bumbu dasar kuning

Bumbu dasar ini merupakan perpaduan dari kunyit dan bawang putih. Bumbu dasar kuning biasa dikembangkan menjadi kari, acar kuning, pesmol ikan, nasi kuning, teri daging, pepes, dan soto. Bumbu ini paling umum digunakan untuk teknik ungkep.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya