Ini yang Perlu Dipelajari saat Santap Makanan Jepang

Ilustrasi sushi
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Syuting di Jepang, Morgan Oey Tak Bisa Berhenti Makan
- Dari waktu ke waktu, keberadaan restoran Jepang di Indonesia semakin menjamur. Masyarakat Indonesia bahkan sudah sangat akrab dengan makanan Jepang seperti tempura, sushi, ramen.

Menyantap Kuliner Jepang dan Korea di Satu Tempat
Meski sudah akrab, namun tata cara menikmati makanan Jepang belum banyak yang mengetahui. Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui cara makan yang benar dari makanan Jepang, agar tidak malu saat berada di restoran Jepang, berikut beberapa aturan, seperti dilansir laman Rocketnews24.

Di Restoran Ini, Anak-anak Bisa Kreasikan Makanannya Sendiri
Jangan pernah menggunakan tangan untuk menadah makanan yang jatuh

Menadahkan salah satu telapak tangan ketika makan, sedangkan tangan yang lain memegang sumpit saat mengambil makanan, sebenarnya hal sopan. Namun, jangan lakukan hal ini saat duduk dan menikmati makanan di Jepang.

Hindari menggigit setengah makanan dengan gigi

Hindari menggunakan gigi untuk memotong makanan menjadi bagian yang lebih kecil. Selain itu, tutupi mulut dengan tangan ketika mengunyah makanan dengan ukuran besar.

Jangan pernah mencapur wasabi ke dalam kecap

Lebih baik letakkan sedikit wasabi dalam potongan sashimi, kemudian celupkan ikan ke dalam kecap.

Jangan membalikkan tutup mangkuk

Karena akan dianggap telah selesai makan. Cara yang benar adalah meletakkan tutup di atas mangkuk, seolah baru pertama dibawa ke meja.

Jangan meletakkan cangkang kerang di tutup mangkuk atau piring terpisah

Melakukan hal ini akan dianggap tidak sopan dan harus dihindari. Sebaiknya, tinggalkan cangkang didalam mangkuk yang dihidangkan

Jangan memegang sumpit sebelum mengambil mangkuk

Saat menikmati makanan Jepang, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil mangkuk yang akan digunakan kemudian baru mengambil sumpit. 

Ketika mengganti mangkuk, letakkan sumpit terlebih dahulu, kemudian ganti mangkuk. Setelah mangkuk kedua diambil, kemudian baru ambil sumpit.

Jangan memutar sumpit di atas makanan

Saat belum yakin makanan mana yang akan dipilih, dalam Bahasa Jepang disebut mayoibashi atau 'sumpit ragu-ragu'. Lebih baik berhenti sebentar untuk makan nasi diantara lauk.

Jangan letakkan sumpit melintang di atas mangkuk

Ketika ingin meletakkan sumpit, letakkan di tempat sumpit. Jika tidak tersedia, gunakan pembungkus sumpit, jika pembungkus juga tidak ada, letakkan sumpit di samping baki.

Jangan mengangkat makanan di atas mulut

Banyak orang mengangkat makanan hingga di atas mata, padahal hal ini tidak sopan. Etiket yang benar adalah jangan pernah mengangkat makanan lebih tinggi dari mulut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya