Tips Jitu Memasak dan Mengupas Telur Rebus

Ilustrasi Telur Ayam
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
- Ada dua hal yang sering menjadi masalah saat mengonsumsi telur rebus, yaitu kuning telur yang terlalu matang hingga berwarna kuning keabu-abuan dan cangkang telur yang sulit dikupas. 

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Sebenarnya terdapat beberapa tips dan trik untuk memasak dan menyajikan telur rebus yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan seperti dilansir dari Daily Meal.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Jangan menumpuk di panci

Masukkan telur ke dalam panci berisi air. Tutup panci dan masak di atas api besar. Perhatikan untuk tidak menumpuk telur di dalam panci agar seluruh bagian telur terendam di dalam air sehingga matang secara merata.

Waktu memasak

Setelah air mendidih, tutup panci dan matikan api. Diamkan telur di dalam panci hingga matang. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar sembilan menit untuk telur berukuran sedang, 12 menit untuk telur berukuran besar dan 15 menit untuk telur yang ukurannya sangat besar. Ini akan memastikan telur Anda matang dengan sempurna dan kuning telur berwarna cerah.

Telur mencapai suhu ruangan

Setelah matang, angkat telur dari dalam panci dan masukkan ke dalam mangkuk berisi air dingin. Ketika telur telah mencapai suhu ruangan, Anda bisa mulai mengupas kulit cangkangnya. Jika suhu telur terlalu dingin, cangkangnya akan semakin sulit dikupas.

Menggulingkan telur di atas meja

Cara mudah mengupas kulit telur adalah dengan mengguling-gulingkan telur di atas meja agar cangkangnya pecah. Lalu, rendam telur di dalam air yang suhunya sama dengan suhu ruangan. 

Triknya adalah mengupas telur di dalam air tersebut. Air akan membantu melonggarkan membran yang membuat cangkang menempel pada putih telur.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya