Lucunya Kembar Identik Terunik Pertama di Inggris

kembar identik unik
Sumber :
  • SWNS.com

VIVA.co.id - Kembar identik Amelia dan Jasmine dianggap menjadi kembar berkulit hitam dan putih pertama di Inggris, meski berasal dari indung telur yang sama. Kembar identik terunik ini lahir dari pasangan Libby Appleby dari West Rainton, County Durham yang berkulit putih dan pasangannya, Tafadzwa Madzimbamuto yang berkulit hitam.

Mereka adalah kembar identik atau satu indung telur (monozigot). Artinya, mereka dikembangkan dari indung telur sama, yang membagi dan membentuk dua embrio. Biasanya, kembar monozigot selalu menghasilkan bayi dengan kelamin, golongan darah, genetik yang sama, dan selalu sangat mirip satu sama lain.

Namun Amelia lahir dengan kulit gelap, rambut hitam dan mata cokelat. Sementara adiknya, Jasmine memiliki kulit putih, mata biru dan rambut keriting.

Menjelaskan fenomena ini, Dr Claire Steves dari Departemen Penelitian Anak Kembar (Department of Twin Research), mengatakan bahwa beberapa gen mengendalikan warna kulit dan kembar identik sangat mungkin berbagi gen tersebut, namun tidak ada yang menjamin.

Steves, yang bekerja di King College London, mengatakan bahwa perbedaan kembar identik pada Amelia dan Jasmine, karena terjadi perubahan dari cara masing-masing dikembangkan dalam rahim.

"Namun, pengecualian mungkin ketika perubahan di salah satu gen ini yang mengontrol warna kulit terjadi setelah si kembar terpisah dalam pengembangan sangat awal atau disebut mutasi somatik," katanya, seperti dilansir dari Daily Mail.

Atau, dia melanjutkan, kadang-kadang penanda pada DNA memengaruhi sejauh mana DNA tersebut berbeda pada anak kembar. Dia menyatakan, memiliki beberapa bukti faktor epigenetik dapat mengubah warna kulit.

"Terakhir, jika si kembar telah terkena lingkungan yang berbeda, mereka mungkin berbeda warna kulit. Misalnya, jika seseorang telah terpapar sinar matahari lebih banyak atau mengembangkan suatu kondisi di mana sel-sel berpigmen terpengaruh, yang dapat terjadi secara kebetulan," tuturnya.

Meskipun penjelasan itu menarik, namun sebagian besar kembar identik memiliki warna kulit sangat mirip. Karena itu, kejadian Amelia dan Jasmine yang saat ini telah berusia satu tahun memang sangat tidak biasa.

Bayi Prematur Bertahan Hidup Usai Ditemani Kembarannya

Libby bercerita bahwa selama kehamilannya, dia sudah diberitahu oleh petugas medis, bayi yang dikandungnya terlihat sangat mirip. Meskipun setelah lahir warna kulit mereka kontras, namun keduanya dinyatakan secara genetik identik.

"Ketika mereka lahir, kami terkejut, bahkan dokter tidak bisa mempercayainya. Mereka terlihat seperti ras yang berbeda. Amelia mirip sekali ayahnya, sementara Jasmine adalah versi mini dari saya," kata Libby.

Ilustrasi bayi tengkurap.

Anak Kembar Obesitas Tingkatkan Risiko Diabetes

"Perubahan gaya hidup yang mengurangi tingkat obesitas."

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016