Lebih Sehat Mana, Jus atau Air Putih?

Ilustrasi smoothie/jus buah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Seiring kesadaran akan hidup sehat yang terus meningkat, semakin banyak orang yang mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Tentu, bicara sehat makanan alami seperti buah dan sayur tak pernah absen dikonsumsi sehari-hari. Nah, cara menikmati buah yang paling populer adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Ketahui Aturan Buat Jus yang Benar
 
Kini tak sedikit orang yang memilih lebih banyak minum jus dibandingkan air putih. Padahal air putih juga tak kalah menyehatkan. Di artikel ini, VIVA.co.id akan mengupas mengenai manfaat kesehatan jus buah dan air putih. Lalu, mana yang lebih sehat?
Ingin Kulit Indah, Konsumsi Tujuh Jus Ini
 
Simak ulasannya, seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.
Manfaat Sehat dari Rajin Minum Jus Rumput Gandum
 
Kalori
 
Karena air tidak mengandung kalori, Anda tak perlu khawatir dengan berat badan. Namun, sebagian besar jus buah mengandung kadar kalori yang tinggi. Meski begitu, jus tetap menyehatkan selama Anda tidak mengonsumsinya dengan gula.
 
Gula
 
Air tidak mengandung gula, namun jus buah, terutama kemasan mengandung kadar gula yang tinggi. Buah-buaha sendiri sebenarnya mengandung gula alami. Untuk itu, jangan menambahkan gula atau pemanis apapun kedalam jus Anda.
 
Hidrasi
 
Air menghidrasi tubuh lebih baik dibandingkan jus buah. Meski mengandung kadar air, jus juga memiliki manfaat yang sama, meski tidak sebaik air.
 
Racun
 
Jus akan membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi selama beberapa hari di dalam sistem pencernaan Anda. Namun, air memiliki kapasitas membersihkan seluruh saluran pencernaan dengan mendorong seluruh kotoran dan racun keluar dari tubuh.
 
Terjangkau
 
Tentu saja air jauh lebih terjangkau dibandingkan jus buah. Namun Anda wajib menyuplai nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah-buahan ke dalam tubuh.
 
Tak perlu persiapan
 
Membuat jus membutuhkan persiapan seperti waktu dan usaha untuk mencuci, membersihkan dan menghaluskan buah. Minum air semudah membalikkan telapak tangan.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya