Studi: Minum Kopi Kurangi Risiko Sclerosis

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bertambah lagi pengetahuan manfaat kesehatan kopi. Ya, mengonsumsi kopi setiap hari berpotensi mengurangi risiko mengidap penyakit multiple sclerosis (MS) atau penyakit yang menyerang sistem saraf pusat, tepatnya otak dan sumsum tulang belakang.

Studi: Konsumsi Kopi Turunkan Risiko Sirosis Hati
Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan oleh tim peneliti gabungan dari Swedia dan AS.
 
FOTO: Mural Simbol Perlawanan pada Multiple Sclerosis
Dilansir dari Food World News, kebiasaan minum kopi masyarakat AS dan Swedia yang telah diteliti menunjukkan kopi dapat mengurangi risiko MS, kondisi yang membahayakan sistem saraf dan diderita lebih dari dua juta orang di seluruh penjuru dunia.
 
Tiga BUMN Ini Kolaborasi Perluas Layanan Pengujian Berstandar Internasional
Temuan yang telah dipresentasikan di American Academy of Neurology's (AAN) 67th Annual Meting di Washington, DC, pada April 2015 lalu menyatakan, masyarakat AS yang tidak mengonsumsi kopi diperkirakan satu setengah kali lebih mungkin menderita MS, dibandingkan orang yang minum lebih dari empat cangkir kopi per hari selama setahun. Itu diketahui melalui gejala-gejala MS yang telah diteliti.
 
Para peneliti mengatakan bahwa kandungan antioksidan di dalam kopi, yaitu polifenol dan flavonoid yang membuat kopi memiliki banyak manfaat kesehatan.
 
"Di AS kopi adalah sumber antioksidan nomor satu dalam pola makan sehari-hari, dan antioksidan di dalam minuman panas seharusnya dipertimbangkan sebagai kandungan yang baik," ujar Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya