Manfaatkan Sisa Potongan Sayuran untuk Dijadikan Kaldu Lezat

Ilustrasi sayuran
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Terlalu banyak makanan yang dibuang begitu saja setiap harinya. Untuk meminimalisirnya, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan sisa-sisa, potongan atau kulit sayuran untuk dijadikan kaldu.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Ya, kaldu tak hanya bisa dibuat dari daging atau tulang, melainkan juga dari sayuran. Yang pasti, Anda harus memastikan potongan-potongan tadi benar-benar bersih dan masih dalam kondisi segar sebelum dimasak.

Kumpulkan potongan dan sisa-sisa sayuran di dalam kantung plastik dengan segel. Simpan di dalam freezer. Lakukan kembali setiap Anda memasak dan memotong-motong sayuran.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Saat sudah terkumpul banyak, Anda pun bisa langsung membuat sepanci kaldu lezat dari sisa potongan sayuran tersebut.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum Anda mulai memasak. Berikut ini adalah di antaranya, seperti dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

-Beberapa bagian sayuran lebih enak dijadikan kaldu, seperti kulit wortel, bagian ujung seledri dan bawang bombay. Daun bawang, bawang putih, tongkol jagung, selada dan kentang adalah beberapa sayuran yang bisa Anda tambahkan ke dalam kaldu.

Namun, pastikan Anda tidak menggunakan kubis, brokoli dan kembang kol karena akan membuat cita rasa kaldu menjadi terlalu intens.

-Anda harus mengisi panci dengan air hingga seluruh sisa potongan sayuran terendam seluruhnya.

-Rebus seluruh sisa potongan sayuran tadi di dalam panci berisi air. Masak hingga mendidih sebelum mengecilkan api.

-Merebus kaldu umumnya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Namun, cicipi terlebih dahulu sebelum Anda mematikan kompor. Ingatlah bahwa kaldu ini belum dibumbui, sehingga rasanya akan jauh lebih lezat jika sudah diberi garam.

-Saring kuah kaldu menggunakan kain saringan sebelum digunakan untuk memasak atau disimpan di dalam kontainer kedap udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya