Tips Masak Daging Kambing yang Empuk dan Bebas Bau 'Prengus'

Satai atau Sate Badag
Sumber :
  • VIVAnews/Ananda Putri Laras

VIVA.co.id – Hari raya Idul Adha menjadi salah satu momen yang pas untuk mencicipi daging kambing. Daging kambing bisa diolah menjadi aneka hidangan, salah satunya tongseng.

5 Cara Sehat Mengolah Daging Kurban

Namun, pernahkah Anda merasakan atau mencium bau prengus saat mencicipi daging kambing dalam hidangan tongseng? Atau daging yang Anda makan masih terasa alot dan sulit untuk dikunyah? Jika ya, mungkin ada beberapa hal kecil yang terlewat saat Anda memasak tongseng.

Saat memasak tongseng kambing, hal utama yang tidak boleh Anda langgar adalah mencuci daging kambing dengan air. Alih-alih membersihkan daging kambing, Anda serta merta mencuci daging tersebut dengan air. Padahal air justru menimbulkan bau prengus pada daging kambing saat disajikan.

Rahasia Memasak Daging Kambing yang Empuk

Untuk itu, cukup gantung daging kambing untuk mengeluarkan darah pada daging.

"Daging kambing jangan sampai kena air, nanti akan jadi bau," kata Sukatni, pemilik Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta saat ditemui beberapa waktu lalu.

Bukan Cuma Kambing, Rata-rata Daging Merah Bisa Tingkatkan Libido Pria

Sukatni juga menambahkan bahwa agar daging kambing terasa semakin empuk, selain mendiamkan tumisan daging dengan wajan tertutup, menambahkan nanas yang sudah diblender saat menumis juga ampuh membuat daging menjadi lembut.

Tips lainnya yaitu penggunaan daun jeruk saat mengolah daging kambing. Selain menambah aroma, daun jeruk juga membantu mengurangi bau daging kambing. Tak hanya daun jeruk, lada hitam juga bisa membuat aroma tongseng semakin menggugah selera.

"Daun jeruk itu dipakai biar (daging kambing) enggak bau," kata Sutiyarno atau akrab disapa Pak Nano, pemilik kedai Tongseng Petir Pak Nano yang juga ditemui di kesempatan yang sama.

Hal lain yang perlu diperhatikan, jika Anda penyuka tongseng pedas, usahakan memotong cabai tipis-tipis, jangan terlalu tebal. "Kalau mau pedas, potongnya lembut, isinya kena," kata Nano.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya