Emping Rendah Purin, Aman untuk Penderita Asam Urat

Emping melinjo rendah purin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Memiliki penyakit asam urat, kolesterol tinggi tentunya memiliki sejumlah makanan pantangan, salah satunya emping. Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat atau kolesterol dapat sedikit mengobati keinginannya untuk mengkonsumsi emping melinjo yang dibuat rendah purin sehingga tidak memberikan efek terhadap penyakit yang diderita.

Usai Jualan Emping hingga Cerai, Kurnia Meiga Kini Jadi Model Iklan

"Pasti Anda tak percaya jika mengonsumsi emping melinjo tak berpengaruh terhadap penyakit asam urat khususnya," kata Sukati, pengusaha emping melinjo dari Dusun Tegalkenongo, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Rabu, 12 Oktober 2016.

Sukati menceritakan, emping melinjo rendah purin ini tercipta berkat kerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan telah lulus uji laboratorium dan dipastikan rendah purin.

Dulu Bikin Robin van Persie Mati Kutu, Kini Jualan Emping demi Menyambung Hidup

"Secara medis sudah bisa dibuktikan dan produknya juga telah dipatenkan," ujarnya menambahkan.

Meski enggan membeberkan cara pembuatan emping melinjo rendah purin tersebut, namun Sukati mengaku salah satu bahan campuran untuk membuat emping tersebut ada disekitar kita, berupa daun-daunan.

Kisah Pilu Mantan Kiper Timnas Indonesia Kurnia Meiga Kini Jualan Emping

"Caranya sangat mudah dan bahannya tidak mahal. Kalau saya beberkan nantinya takut ditiru pengusaha yang besar dan kita akan mati usahanya," kata dia.

Lebih jauh Sukati mengatakan emping rendah purin warnanya cenderung hijau karena bahan tambahan dedaunan agar rendah purin. Namun untuk harganya jauh lebih mahal yaitu Rp90.000 per kilogramnya dan pemasarannya hingga Jakarta dan Bandung serta kota-kota di Jawa Tengah.

"Kalau emping melinjo yang biasa harganya cuma Rp60 ribu, namun untuk melinjo emping rendah purin harganya Rp90 ribu," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya