Tips Jitu Membuat Cheesecake Sendiri di Rumah

Ilustrasi cheesecake.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Selain dapat ditemukan di toko kue, cheesecake juga bisa Anda buat sendiri di rumah. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Yang pertama adalah komposisi krim keju yang digunakan. Ibnu Pratama, executive chef Almond Tree menekankan perlunya adukan komposisi yang merata. Pencampurannya pun harus dilakukan langkah demi langkah.

"Kesalahannya biasanya ada di mixing, mulai dari mixing biasanya ngaduknya enggak rata. Jadi proses yang benar cream cheese dulu diaduk sama gula, setelah menjadi soft baru ditambah whipped cream, setelah itu baru masuk telur," kata Ibnu kepada VIVA.co.id saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Desember 2016.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Jika komposisi tidak teraduk rata, rasa cheesecake Anda pun rasanya tidak akan merata. Bisa saja Anda mendapati bagian dengan rasa keju yang kental dan bagian lain terasa hambar.

Kemudian, pada saat proses pemanggangan, Anda perlu memperhatikan suhu oven. Ibnu menyarankan penggunaan api atas dengan suhu 140 derajat Celsius dan api bawah 150 derajat Celsius.

6 Cara Seru Jalani Lebaran di Rumah, Bonus Resep Kreasi Unik

Jika tidak ingin kulit cheesecake gosong, Ibnu menyiasatinya dengan menggunakan tray ganda.

Caranya adalah dengan menuangkan air pada tray pertama, lalu letakkan ring untuk menyangga tray dengan cheesecake siap panggang di atasnya.

"Ini untuk menghindari overbaked, karena kalau overbaked dia akan kering dan kejunya enggak soft. Jadi kayak sponge, harusnya (krim keju) lebih moist," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya