Peneliti Jepang Ciptakan Sensasi Makanan Virtual

Ilustrasi makanan difoto.
Ilustrasi makanan difoto.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Melihat makanan lezat yang disajikan menarik tentu menggugah selera Anda, meskipun hanya sebatas gambar yang di posting di media sosial.

Penelitian yang berbasis di Tokyo, saat ini sedang mengembangkan cara-cara untuk meningkatkan pengalaman makan secara virtual dengan menggunakan elektroda untuk merangsang mulut dan lidah.

Inovasi ini nantinya mirip Virtual Reality (VR) namun lebih disempurnakan. Nantinya inovasi ini memungkinkan pengguna untuk 'makan' makanan lezat melalui dunia maya.

Tren VR memang membuat segala sesuatu bisa lebih hidup meski hanya secara virtual. Tapi mengembangkan makanan virtual masih menjadi tantangan, karena tidak mampu menggambarkan rasa, aroma juga sensasi ketika makanan tersebut masuk ke dalam mulut.

Dilansir dari Daily Mail, Awal tahun ini, sekelompok peneliti tersebut meluncurkan prototipe semacam garpu listrik yang mampu memberikan rasa kejut kecil pada lidah, untuk merangsang reseptor rasa dalam meningkatkan rasa asin.

Penelitian lain yang di prentasikan di ACM User Interface Software dan Teknologi Simposium di Tokyo November 2016 lalu, bahkan telah menemukan sebuah alat yang mampu merangsang rasa manis.

Nimesha Ranasinghe dan Ellen Yi-Luen Do dari National University of Singapore menggunakan baterai 9V. Instrumen rasa manis virtual ini  menggunakan empat elemen yang menghasilkan perubahan suhu 5 derajat celsius dalam beberapa detik.

Halaman Selanjutnya
img_title