Ajak Anak Memasak, Ini Manfaatnya

Ilustrasi anak memasak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Seringkali orangtua kesulitan dalam mencari aktivitas bersama si kecil. Padahal, orangtua, khususnya ibu, bisa mengajak si kecil belajar santai melalui aktivitas memasak.

Tiga Pisau yang Aman untuk Anak Belajar Memasak

Memasak merupakan salah satu aktivitas yang direkomendasikan untuk dilakukan bersama orangtua dan anak. Saat belajar memasak, si kecil sebenarnya bisa dilatih untuk beberapa hal seperti menghitung, berkreasi, serta menumbuhkan kepercayaan dirinya.

"Bermain dengan anak itu mudah dan simpel. Misal, ajak anak untuk ikut memasak dan menghias makanan yang telah dibuatnya. Itu akan memberi waktu berkualitas pada ibu dan anak, serta melatih banyak hal," ujar Founder Playdate Planner, Lydia Mangunsong, kepada VIVA.co.id, Selasa 11 Juli 2017.

Lima Alat yang Harus Ada Saat Memasak dengan Anak

Misalnya saja saat membuat pancake. Anak dilatih untuk menghitung dan menakar bahan yang digunakan, sesuai dengan resep. Selain itu, membuat adonannya juga melatih sensori anak untuk mengenali ragam macam bentuk bahan masakan.

"Mengaduk tepung juga bisa menjadi sarana untuk melatih sensorinya. Ditambah, dia bisa memahami nilai gizi suatu makanan dengan ikut belajar memasak. Di situ kita bisa mencuri kesempatan, dengan mengajarkan bahwa makanan sehat itu dari jenis apa saja dan manfaatnya sangat baik jika dikonsumsi," tutur Lydia.

Memasak Bersama Si Kecil Bantu Latih Kosakata dan Mood Anak

Usai membuatnya, si kecil bisa belajar berkreasi dalam menghias makanan yang akan segera disajikan. Pada tahap ini, si kecil bisa mulai menumbuhkan kepercayaan diri akan kemampuannya sendiri.

"Ajak mereka berpikir untuk mengkreasikan makanannya, biarkan imajinasinya berjalan. Saat ia berhasil membentuk makanan itu, akan menumbuhkan kepercayaan dirinya karena bisa meraih sesuatu dengan kemampuannya."
 

Ilustrasi anak memasak.

Aktivitas Menyenangkan untuk Si Kecil di Hari Valentine

Kegiatan memasak mampu menstimulus daya kreatif anak.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2017