Pempek Tak Lagi Konvensional, Kini Ada versi Ikan Nemo

Pempek versi ikan Nemo kreasi Puji, pemilik gerai Pempek Cece 88 di Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA.co.id - Pempek tak lagi lonjong dan bulat serta berwarna putih kecokelatan. Itu pempek konvensional. Sekarang ada versi barunya, berbentuk ikan nemo dan berwarna-warni.

Menjelajah Rumah Nemo yang Jadi Destinasi Wisata Baru di Sabang

Tak salah lagi, pempek Nemo terilhami film animasi besutan Pixar, Finding Nemo, dengan tokoh utama ikan giru bernama Nemo. Ikan Nemo sebenarnya ialah ikan giru atau ikan badut, spesies ikan dari anak suku Amphiprioninae. Mereka tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia.

Wanita bernama Puji-lah yang mengkreasikan varian pempek dengan model ikan Nemo. Bahan baku utamanya sama, yaitu ikan tenggiri. Hanya bentuknya yang dibuat tak lagi konvensional, lonjong seperti pempek lenjer atau bulat sekepalan tangan layaknya pempek kapal selam, tetapi menyerupai tubuh ikan Nemo dengan sirip serta ekor warna-warni. Pewarnanya bukan dari zat kimia, namun olahan sayuran tanpa pengawet.

9 Film Kartun Terbaru yang Wajib Kamu Tonton, Sangat Seru

Pempek Tak Lagi Konvensional, Kini Ada versi Ikan Nemo

Puji memang pedagang pempek biasa yang berjualan di kawasan Jalan Mayor Ruslan, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan. Dia berterus terang, awalnya dia jemu dengan model pempek konvensional yang dia sebut monoton.

10 Film Disney Sarat Pesan Moral Ini Pas Ditonton Bareng Keluarga

Perempuan berusia 22 tahun itu pun terbersit gagasan mengkreasikan pempek dengan karakter-karakter unik, tentu tanpa meninggalkan cita rasa orisinalnya. Mula-mula dia menjajal membuat pempek Hello Kitty, karakter kartun kucing berwarna putih dengan ciri khas pita atau hiasan lain di daun telinga kiri.

Debut pempek Helly Kitty, kata Puji, merengkuh sukses besar. Banyak orang yang memesan pempek berkarakter itu untuk hidangan di berbagai acara. "Kalau biasanya ulang tahun memakai kue, jadi kali ini kue ulang tahun diganti memakai pempek dengan berbagai karakter," ujarnya.

Pempek Tak Lagi Konvensional, Kini Ada versi Ikan Nemo

Setelah sukses dengan pempek Hello Kitty, Puji bereksperimen lagi dengan karakter karangan bunga dan ikan Nemo. Pempek varian ikan Nemo berisi telur utuh di dalam perutnya, serupa telur di dalam pempek kapal selam. Pempek karangan bunga dan pempek Nemo juga laris di pasaran.

Pempek Cece 88 yang dikelola Puji tak terlalu mahal. Pempek karakter ikan Nemo dipatok dengan harga Rp100 ribu per porsi, pempek karangan bunga dihargai Rp175 ribu. "Itu juga tergantung ukuran. Semakin besar semakin mahal. Pemesan juga bisa request (memesan) bentuk yang diinginkan." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya