10 Kuliner Halal Selandia Baru Wajib Coba (Bagian I)

Steik daging domba muda di SkyCity Hotel, Auckland, Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Saat berwisata ke sebuah tempat baru, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner di sana. Saat VIVA berkesempatan mengunjungi Selandia Baru untuk memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ) baru-baru ini, kami mencicipi sejumlah hidangan lokal yang lezat.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Nah, jika Anda ingin atau punya rencana liburan Selandia Baru, berikut ini adalah 10 kuliner khas sana yang tak boleh Anda lewatkan.

Domba

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Meski angka domba di negara ini terus menurun dalam beberapa tahun belakangan, namun tetap saja populasinya lebih banyak daripada manusia. Sebagai perbandingan, ada enam ekor domba untuk setiap orang di Selandia Baru.

Nah, saat berwisata ke sana, pastikan Anda mencicipi daging lamb alias domba muda yang banyak diekspor Negeri Kiwi ke seluruh dunia.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Bahkan daging domba dengan kualitas paling rendah di sini masih jauh lebih enak dari yang biasa Anda santap di restoran di Jakarta. Daging domba di Selandia baru terkenal lembut, juicy, kaya rasa dan lumer di mulut.

Steik daging domba di SkyCity Hotel, Auckland, Selandia Baru.

Es krim

Selandia baru juga terkenal dengan industri dairy alias produk susu. Tentu saja Anda wajib mencicipi es krimnya yang lebih mirip gelato, dengan tekstur yang lembut, super creamy dan gurih.

Hal ini karena susu yang digunakan untuk membuat es krimnya, berasal dari sapi yang mengonsumsi rumput-rumput yang tumbuh dari tanah vulkanik yang subur di Selandia Baru.

Nah, varian es krim yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah Hokey Pokey, yang paling populer dan hanya ada di Selandia Baru. Ini adalah es krim rasa vanila dengan taburan permen karamel yang lezat.

Es krim di Selandia Baru.

Manuka Honey

Madu ini bisa Anda temukan di berbagai tempat, mulai dari minimarket hingga toko oleh-oleh. Tak heran karena ini adalah madu paling terkenal di Selandia Baru. Selain lezat, madu ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Saat VIVA mencicipinya, madu ini benar-benar berbeda dengan madu yang biasa Anda temui. Warnanya kuning cerah dan teksturnya kental. Saat dimakan rasanya sangat manis seperti es krim atau saus karamel.

Madu ini juga tidak memiliki rasa pahit seperti madu pada umumnya.

"Dinamakan Manuka karena madu ini berasal dari pohon Manuka," ujar Annie, pemandu wisata di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Ubi

Ubi di Selandia Baru, atau biasa disebut kumara dalam bahasa Maori punya rasa yang jauh lebih manis. Tak heran jika dia menjadi sayuran terfavorit di sana.

Burger

Jangan samakan burger di Negeri Kiwi dengan burger-burger yang ada di restoran cepat saji. Burger di sini lebih tepat disebut burger gourmet yang porsinya besar, dan menggunakan roti, daging sapi serta sayuran yang segar.

Beef burger dan iced latte di Mojo Coffee, Auckland, Selandia Baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya