Facebook Jadi Pintu Eksploitasi Seksual Anak

Logo Media Sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Kekerasan pada anak khususnya kekerasan seksual seolah menjadi masalah yang tak pernah ada habisnya di Indonesia. Ditambah lagi dengan era teknologi saat ini yang memudahkan pergerakan informasi, kekerasan dan eksploitasi seksual menjadi masalah yang semakin menghimpit anak-anak Indonesia.

Survei: Hingga 56 Persen Kasus Ekploitasi Seksual Anak Tak Terungkap

Staf Ahli Menteri Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Danti Anwar, mengungkapkan, data di Indonesia menunjukkan angka yang masih tinggi dalam kasus eksploitasi seksual anak.

"Dari data hasil kerja sama kami dengan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) di Jambi, data terbaru menunjukkan ada 87 korban eksploitasi anak secara online, sebagian besar pintu masuknya adalah Facebook," ujar Danti dalam media talk 'Eksploitasi Seksual Anak Online' di Gedung KPPPA, Jakarta, Kamis 5 April 2018.

Nirvana Digugat Model Bayi Telanjang di Cover Album Nevermind

Angka kasus eksploitasi seksual anak online yang tinggi, juga menyebar di daerah lainnya seperti Surabaya, Semarang, Bandung, Riau, dan Palembang.Foto anak korban kekerasan seksual yang ditayangkan di jejaring sosial facebook, Komnas Perlindungan Anak. Foto ini menuai kecaman karena melecehkan para korbannya.

Di Bandung, Danti, mencontohkan kasus anak laki-laki yang mengalami eksploitasi seksual. Ia dibawa oleh sang ibu untuk syuting film dewasa yang videonya sempat viral.

Perempuan Pelaku Eksploitasi Anak di Bawah Umur Ditangkap Polisi

Danti melanjutkan, kasus eksploitasi anak secara online punya perbedaan dengan eksploitasi offline. Karena, mereka punya target tersendiri yang segmented yang tidak bisa diintervensi langsung kalau tidak masuk ke jaringan itu.

"Dan ini bukan hanya nasional, tidak terbatas, sehingga lebih mengerikan dan jadi fokus dunia," kata Danti.

Kontroversi seksualisasi seragam sekolah oleh Member Mamamoo, Hwasa.

Hwasa Mamamoo Buka Suara Usai Kontroversi Pakaian Tak Senonoh

Imbas aksi tak senonoh itu bahkan membuat Hwasa harus membuat laporan ke pihak kepolisian dan tengah diselidiki pihak berwenang.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2023