5 Manfaat Penting Bekal Sekolah Anak

Ilustrasi bekal makanan.
Ilustrasi bekal makanan.
Sumber :
  • Pixabay/jelly

VIVA – Di masa pertumbuhan, penting sekali bagi anak-anak untuk memperoleh asupan makanan sehat. Menyiapkan bekal makanan sekolah untuk anak menjadi cara terbaik untuk memastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi, dibanding membiarkan anak jajan di sekolah.  

Kebiasaan membawa bekal makanan itu pun akan menciptakan kebiasaan baik bagi anak agar tidak jajan sembarangan. Berdasarkan data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sepanjang tahun 2006-2010, 40 persen lebih jajanan anak sekolah tidak memenuhi syarat keamanan pangan.

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengajak semua orang, tanpa terkecuali membiasakan diri membawa bekal jika beraktivitas di luar rumah. Ia mengatakan untuk menciptakan manusia unggul, semua bisa diawali dengan mengonsumsi makanan sehat. 

"Hidup sehat itu dimulai dari kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dari rumah. Itu kenapa saya selalu ingatkan pentingnya membawa bekal sendiri. Demi kesehatan, bukan semata pelit loh," kata Puan dalam rangka memperingati Hari Bekal Nasional dikutip dari siaran pers, Kamis 12 April 2018. 

Bekal makan anak

Puan mengatakan, Hari Bekal Nasional ini harus dimaknai sebagai ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menciptakan lingkungan sehat dan perilaku hidup bersih. Termasuk memilih makanan sehat yang dibuat atau dimasak sendiri.

"Untuk makanan gizi seimbang, maka wajib mengonsumsi karbohidrat, protein, sayuran, dan buah. Agar hidup sehat maka perlu dilengkapi dengan minum air putih yang cukup, berolahraga, cuci tangan sebelum makan dan memantau berat badan," ujar Puan.