7 Cara Unik Bikin Pengalaman Ramadan Anak Lebih Berkesan

Ayah dan anak
Sumber :
  • Pixabay/Aldertree

VIVA – Bulan suci Ramadan sudah seharusnya membawa kesan bermakna bagi tiap Muslim, tidak terkecuali anak yang baru belajar berpuasa. Agar si kecil bisa kuat berpuasa dan mendalami arti Ramadan, Anda bisa menyiapkan beberapa kegiatan menyenangkan. Ini tak hanya memberi pengalaman berkesan pada anak, tapi juga membangun kedekatan atau bonding antara anak dan orangtuanya.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Bonding yang berkesan akan selalu dikenang anak hingga dewasa. Apalagi momen Ramadan adalah waktu yang tepat untuk menanamkan segala bentuk kebaikan. Selain itu anak juga merasa lebih tertantang karena ada hal seru untuk dikerjakan. Sehingga puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Nah, berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dengan anak selama Ramadan.

1. Dekorasi rumah

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Anda bisa menambah semarak Ramadan dengan membuat dekorasi rumah. Untuk si kecil, berikan pekerjaan yang ringan, misalnya menata mainan ke dalam kotak, memisahkan mainan lama yang tak terpakai, atau membuat pernik hiasan dinding.

2. Membaca buku cerita

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Coba raih koleksi buku kisah para Nabi dan ajak anak-anak untuk membacanya. Menceritakan kisah para Nabi akan menambah ilmu dan membantu anak semakin mengenal agamanya. Anda juga bisa meminta si kecil mendonasikan buku-bukunya di perpustakaan sekolah.

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.

3. Datang ke acara amal

Kita ingin agar si kecil mampu memahami pentingnya saling berbagi dan konsep memberi pada sesama. Cara paling mudah yaitu dengan buat anak menabung lalu hasil tabungannya didonasikan ke masjid atau tempat lainnya yang menyalurkan ke pihak yang membutuhkan.

4. Memasak

Ya, jika si kecil belum mulai berpuasa, Anda bisa jadikan ia teman memasak sekaligus untuk mencicipi rasa. Ini membuat si kecil makin merasakan terlibat dalam suasana Ramadan.

anak memasak

5. Ajak ke masjid

Anda bisa membuat si kecil merasakan kegembiraan Ramadan dengan membawanya ke masjid. Ajak ia berdoa dan beribadah untuk membuatnya lebih bersyukur pada Sang Pencipta.

6. Buat kartu ucapan Lebaran

Ajak si kecil membuat kartu ucapan Lebaran di rumah. Ini bisa membuat semua keluarga berkumpul dan saling berkomunikasi. Jadi tambah dekat dan akrab, kan?

7. Memberi pada tetangga

Agar anak mengerti makna berbagi pada sesama, bisa dimulai dengan memberi hadiah pada tetangga, termasuk tetangga yang berbeda agama. Alokasikan waktu luang untuk membuat bingkisan parsel Lebaran dan ajak si kecil mengantarkannya pada tetangga sekitar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya