Membaca Dapat Kembangkan Logika Dasar Anak

Anak membaca.
Sumber :
  • Pixabay/falovely

VIVA – Membaca merupakan salah satu hal positif yang bisa dilakukan anak-anak. Kemampuan membaca yang baik pada si kecil, dapat membuka peluang untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Membacakan Buku Sejak Dini, Efektif Picu Minat Baca Anak

Membaca buku pada anak, tentu dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa dengan baik. Tidak heran, membaca sejak dini bisa membuat anak mudah bersosialisasi hingga dewasa.

"Membaca bukan hanya melafalkan huruf, tapi juga bisa membaca dengan lancar, menyimak, dan memahami maksudnya. Dengan begitu, anak bisa lebih cekatan terhadap literasi dasarnya," ujar Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, James Modouw, ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tips Mudah Membiasakan Anak Gemar Membaca

Membaca buku, khususnya buku cerita anak, juga bisa membentuk karakter dalam diri si kecil. Bahkan, kemampuan membaca yang baik, tentu dapat menstimulasi perkembangan logika anak.

"Logika dasar anak bisa didapat dari membaca. Anak semakin terstimulasi untuk mengembangkan logikanya," terang dia.

Cara Mudah Ajari Si Kecil Membaca di Usia Emas

Pada anak-anak sendiri, sebaiknya diberikan buku bacaan yang lebih diminati olehnya. Hal ini bertujuan agar anak bisa membaca dan memahami dengan baik tanpa harus merasa terpaksa.

"Biasanya anak laki-laki suka buku tentang bintang seperti dinosaurus, ikan, lumba-lumba, paus, dan hiu. Sementara anak perempuan menyukai buku cerita princess dan barbie," ujar founder Taman Bacaan Pelangi, Nila Tanzil, pada kesempatan yang sama.

Menemani Anak Membaca

Cegah Hoax Merajalela, Tanamkan Minat Membaca Pada Anak

Literasi rendah mengakibatkan hoax.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2020