Tips Agar Anak Gemar Main di Luar Ruangan

Ilustrasi anak bermain.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bermain di luar ruangan saat ini sudah menjadi hal yang jarang dilakukan oleh anak-anak di era digital. Padahal, tak sulit bagi para orangtua untuk bisa membuat anaknya aktif bermain di luar ruangan.

Banyak Warganya Suka Aktivitas Outdoor, Balsem Indonesia Diekspor ke Afrika Selatan

Banyak manfaat yang bisa diambil saat anak mau bermain di luar ruangan mulai dari meningkatkan kepekaannya terhadap lingkungan sekitar serta memberi rasa tenang yang lebih baik. Tetapi, tak sedikit orangtua yang masih kesulitan mengajak buah hatinya untuk mau bermain di luar. Untuk itu, membutuhkan trik yang tepat agar si kecil tertarik bermain di luar ruangan.

"Paling pertama orangtua harus mau bermain bersama anak. Itu bisa memberi pengalaman menyenangkan sehingga tersimpan di memori anak," ujar dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang RSPI, dr Catharine Sambo Sp.A(K), dalam acara media RSPI, di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis 20 Juni 2019.

Gaet One Republic hingga Padi Reborn, Catat Ini Harga Tiket Woke Up Fest 2023

Selain itu, beri anak jenis permainan yang menyenangkan seperti bermain peran serta bergerak fisik dengan berlari. Orangtua juga perlu memberikan contoh tepat untuk membuat si kecil terbiasa beraktivitas di luar ruangan.

"Jangan orangtuanya menyuruh anak bermain di luar dan lepas dari gadget, tapi orangtuanya bersikap seperti itu. Harus beri contoh agar anak juga mau bergerak di luar ruangan," jelasnya.

Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama Habiskan Waktu Liburan

Tak hanya itu, peran gawai pada anak juga membuatnya lengket dengan permainan secara digital. Untuk itu, orangtua perlu menetapkan batasan waktu pemakaian gawai tersebut.

"Orangtua harus tahu durasi anak menggunakan gawai. Orangtua juga tetap mengajak anak komunikasi saat sedang bermain gawai. Jadi anak terbiasa dengan pembatasan main di gawai serta mampu story telling sejak dini," kata dia. (ldp)

Area Test Ride Indoor di IIMS 2024

Ini Motor Listrik yang Banyak Dicoba Pengunjung IIMS 2024

Pada IIMS 2024 menjadi salah satu tempat bagi masyarakat untuk mengetahui lebih dalam tentang motor listrik idaman mereka melalui area test ride yang telah disajikan di..

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024