Cara Tepat Pangkas Lemak Anak yang Terlanjur Gemuk

Ilustrasi anak gemuk
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Kegemukan mulai menjadi masalah di beberapa daerah di Tanah Air. Tak sedikit kasus anak yang kegemukan dan perlu ditangani segera agar kondisinya tidak semakin parah. Kondisi anak yang kegemukan rentan diintai oleh penyakit tidak menular. Untuk itu, perlu dilakukan penanganan agar anak bisa kembali memiliki bobot tubuh ideal.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

"Paling pertama pola makan. Sama saja seperti anak biasa yaitu tiga kali sehari dan dua kali camilan tapi camilannya buah, durasi makan 30 menit, dan konsumsi air putih di sela-sela makan. Penting agar tidak memaksa anak konsumsi makanan tertentu atau jumlah tertentu agar anak tidak merasa tertekan," ujar spesialis anak dr. Yovita Ananta SpA., dalam temu media Rumah Sakit Pondok Indah, di kawasan Blok M, Jakarta, Kamis 18 Juli 2019.

Selain pola makan, kebiasaan aktif bergerak pada anak yang sudah terlanjur obesitas juga bisa mempengaruhi. Berikan aktivitas harian seperti berjalan santai agar terbiasa dengan hal tersebut.

Mitos atau Fakta: Makan Malam Sebelum Tidur Bikin Gemuk?

"Jalan kaki 15 menit ke sekolah misalnya, itu lumayan kan pulang pergi bisa bakar kalorinya," katanya.

Untuk aktivitas olahraga, disarankan juga dilakukan setiap hari dengan durasi selama 30 menit. Hal ini agar pembakaran kalori di tubuh bisa berfungsi dengan maksimal.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

"Kalau untuk pencegahan obesitas, olahraga tiga kali seminggu. Kalau sudah obesitas, perlu setiap hari olahraganya," kata dia.(nda)

Ilustrasi penis.

Ternyata Mr P Bisa Mendelep alias Masuk ke Dalam, Kok Bisa?

Meskipun sering kali ada kaitannya dengan obesitas, hal ini bukanlah satu-satunya penyebab Mr P atau penis mendelep.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024