Bunda, Begini Cara Mengenali Bakat dan Minat Anak

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bakat tidak sama dengan kecerdasan. Bakat lebih mengacu pada kemampuan motorik maupun keterampilan yang ditampilkan anak. Dengan kata lain, bakat bisa terlihat oleh orang lain.  

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Nah, untuk mengetahui bakat anak, ada yang bisa dilakukan oleh orangtua. Penting sekali bagi orangtua untuk memperhatikan yang dilakukan anak.

"Yang harus dimengerti, setiap anak atau individu itu uni. Teori multiple intelligence, tiap individu punya delapan kecerdasan. Enggak jago di matematika, dia pasti punya jago di salah satu kemampuan," kata Kaprodi Seni Musik Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Pri Ario Damar di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Oktober 2019.

Kata Psikolog Cara Pacu Kepercayaan Diri dan Asah Bakat Remaja, Mudah Moms!

Dia melanjutkan, pertama yang perlu diperhatikan oleh orangtua adalah hobi atau kesukaan dari tiap anak. Setelah mengetahui apa minat atau bakat anak, penting bagi orangtua untuk memberikan support atas bakat itu.

"Seketika melihat bakat anak, tantangannya adalah jangan sampai kita nyuruh anak. Biarkan semuanya itu berdasarkan kemauan yang keluar dari anak. Caranya, intens memerhatikan anak," kata dia.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Dia melanjutkan agar orangtua selalu membiasakan anak melakukan hobi atau kegemaran mereka. Mengingat, kata dia, anak akan terbiasa jika selalu melakukannya.

"Bisa karena biasa. Bagaimana mungkin seseorang atau anak bisa suka musik kalau enggak dibiasakan? Mulai dari orangtua," ucapnya.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024