Trik Cerdas Dian Sastro Ajari Si Kecil Soal Pandemi COVID-19

Dian Sastrowardoyo
Sumber :
  • Instagram/therealdisastr

VIVA – Pandemi COVID-19 memberi pelajaran tersendiri bagi para orang tua dalam mengedukasi anak agar mampu memcegah penularan virus. Hal ini juga dilakukan aktris Dian Sastrowardoyo yang mengaku memiliki trik unik agar kedua buah hatinya mampu menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari paparan penyakit.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Hal paling mendasar yang dijelaskan Dian Sastro kepada kedua anaknya adalah bahwa keadaan dunia berubah seiring dengan mencuatnya pandemi COVID-19. Dengan begitu, pemain film Aruna dan Lidahnya itu merasa anak akan lebih mudah menerapkan pola hidup yang lebih baik.

"Aku mengajarkan ke anak-anak bahwa keadaan pada saat ini tidak sama seperti sebelumnya karena ada virus corona," ujar Dian Sastro dalam acara virtual bersama Dettol bertajuk "Keluarga Sehat Indonesia Kuat", Selasa 31 Agustus 2021. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Namun, pemain film Ada Apa Dengan Cinta itu mengaku tak mudah untuk mengajari anak-anaknya terkait konsep virus corona yang saat ini menyebar luas. Sebab, kedua anaknya sulit memahami keberadaan virus lantaran tak mampu dilihat secara kasat mata.

"Ini memang konsep yang susah karena anak-anak nggak bisa lihat, jadi kadang aku dampingi mereka melihat berita bahwa di luar sana banyak orang yang kurang beruntung terinfeksi virus corona dan kalau sudah tertular implikasinya banyak," imbuh artis 39 tahun itu.

Intip Potret Outfit Para Artis di Hari Lebaran 2024, Pake Shimmer-shimmer Gak Ya?

Untuk itu, pemain film Kartini itu menjelaskan bahwa ia berusaha memberi penjabaran akan konsep virus yang kasat mata tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Selain itu, ia juga terus mengawasi penerapan pola hidup bersih dan sehat yang dilakukan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan air dan sabun.

"Saya ajarkan ke anak-anak konsep 'hanya karena kita tidak bisa lihat virusnya bukan berarti virus tersebut tidak ada'. Jadi saya pantau terus, pastikan mereka betul-betul cuci tangan bersih bahkan mandi bersih apalagi setelah berpergian atau dari luar rumah," beber istri Maulana Indraguna Sutowo itu.

Penerapan pola hidup bersih dan sehat, kata Dian, tak melulu soal cuci tangan namun juga kebiasaan ketika tiba di rumah. Lulusan Magister Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu selalu mengingatkan anggota keluarganya agar berganti baju dan mandi usai keluar rumah. Dengan pola hidup sehat yang sangat mendasar itu, diakui Dian, tubuh akan minim risiko terpapar virus dan kuman penyebab penyakit berbahaya.

"Jadi saya terapkan untuk selalu buka sepatu dan outerwear di luar, lalu cuci tangan baru boleh masuk rumah. Itu pun harus langsung mandi bersih dan keramas, ganti baju bersih baru boleh beraktivitas di rumah," terang Dian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya