7 Kartun Edukasi untuk Tontonan Anak-anak, Banyak Pesan Moral

Film animasi Nussa.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Hampir setiap stasiun televisi memiliki acara yang dikhususkan untuk anak-anak. Jadi, orangtua tak perlu lagi khawatir memilih tontonan untuk mengisi waktu luang anak.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Apalagi di masa pandemi di mana anak-anak tak bisa bebas bermain di luar, maka tontonan di televisi jadi salah satu alternatifnya. Ada banyak tontonan kartun edukasi yang bisa jadi pilihan untuk anak.

Berikut ini, tujuh tayangan kartun edukasi yang bisa jadi rekomendasinya.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Nussa

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Nussa menjadi salah satu film kartun Indonesia yang paling banyak ditonton. Adaptasi dari serial Nussa, filmnya yang dirilis pada 14 Oktober 2021 menjadi pemenang kategori Film Animasi Terbaik Festival Film Indonesia tahun 2019.

Nussa memiliki tema keluarga yang mengangkat cerita kakak beradik Nussa dan Rara. Pesan moral dari film ini adalah mengajak anak-anak untuk rajin beribadah.

Upin & Ipin

Serial yang sudah tayang di Indonesia selama bertahun-tahun ini selalu menjadi favorit tontonan anak-anak. Tak cuma anak-anak, orang dewasa pun juga banyak yang menyukai kartun yang menceritakan si kambar Upin dan Ipin ini. Hal yang paling menari dari serial garapan Les Copaque Malaysia ini adalah pesan toleransi yang disampaikannya.

Tayo Little Bus

Kartun produksi Korea Selatan ini mulai tayang di televisi Indonesia sejak 2010 silam. Tokoh dalam kartun ini menampilkan kendaraan terutama bus.

Serial yang sudah memproduksi enam musim ini menceritakan tentang sejumlah kendaraan yang bisa berbicara. Pesan moral di dalam ceritanya adalah saling menolong terutama terhadap kawan.

Curious George

Beberapa waktu lalu, televisi Indonesia juga menghadirkan sosok George, dalam serial Curious George. Serial animasi yang diadaptasi dari buku ini mengenalkan tokoh yang begitu sesuaid engan karakter anak-anak, yaitu rasa ingin tahu yang tinggi.

Ditemani pria bertopi kuning, serial yang pertama kali dirilis tahun 2006 ini memberikan pesan moral pada anak-anak untuk tidak perlu takut bertanya. Selain itu, serial ini juga membantu anak-anak menumbuhkan jiwa kreativitas.

Baca lebih lanjut kartun edukasi lainnya melalui tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya