Manfaat dan Kebutuhan Zat Besi Bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • pixabay

VIVA –Zat besi sangat penting selama kehamilan untuk mendukung perkembangan suplai darah bayi Anda, serta Anda sendiri. Anda dapat — dan harus — mendapatkannya saat masa kehamilan.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan bayi, faktanya, asupan harian yang Anda rekomendasikan hampir dua kali lipat saat hamil. Memiliki simpanan zat besi yang rendah dapat meningkatkan risiko terkena anemia, dan kekurangan zat besi yang parah dapat menyebabkan berat badan lahir rendah atau kelahiran prematur.

Dengan mengingat hal itu, apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen zat besi saat hamil? Inilah semua yang perlu diketahui ibu hamil tentang zat besi selama kehamilan, termasuk cara memenuhi sumber makanan kaya zat besi dan cara mengetahui apakah zat besi tambahan adalah sesuatu yang Anda butuhkan, dikutip dari whattoexpect.com.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Sumber zat besi

Photo :
  • Times of India

Mengapa zat besi penting selama kehamilan?

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bahwa Anda membutuhkan lebih banyak zat besi selama kehamilan, mengingat 70 persen zat besi ditemukan dalam sel darah merah - dan Anda tidak lagi kehilangan darah setiap bulan selama siklus menstruasi Anda. 

Tetapi kebutuhan zat besi melonjak selama kehamilan untuk mengirimkan oksigen ke bayi Anda yang sedang tumbuh dan karena tubuh Anda sebenarnya memproduksi lebih banyak darah sejak Anda tumbuh juga. 

Zat besi juga penting dalam perkembangan otak janin. Memiliki kadar zat besi yang rendah dapat menempatkan Anda pada risiko anemia, terutama selama paruh kedua kehamilan Anda.

Berapa banyak zat besi yang dibutuhkan ibu hamil?

Wanita hamil membutuhkan 27 miligram zat besi per hari (bandingkan dengan 18 miligram untuk wanita dewasa 19 sampai 50 yang tidak hamil). Sebagian besar vitamin prenatal mengandung zat besi yang cukup untuk menutupi peningkatan itu, tetapi anemia defisiensi besi sering terjadi pada kehamilan karena meningkatnya permintaan untuk produksi darah. 

Untungnya, mudah untuk mencegahnya dengan mengisi piring Anda dengan banyak makanan kaya zat besi dan, jika praktisi Anda merekomendasikannya, dengan bantuan suplemen zat besi setiap hari.

Makanan kaya zat besi terbaik untuk ibu hamil

ilustrasi daging sapi.

Photo :
  • Pixabay/Gurkanerol

Sumber zat besi makanan yang paling mudah diserap (besi heme) dapat ditemukan pada daging tanpa lemak, unggas, dan ikan. Namun, sumber non-hewani (non-heme) masih bermanfaat, dan Anda dapat meningkatkan penyerapannya dengan mengonsumsinya bersama makanan kaya vitamin C.

Beberapa sumber makanan kaya zat besi terbaik meliputi:

Sarden kalengan: 2,4 mg per 3 ons
Daging sapi rebus: 2 mg per 3 ons
Ayam: 1 mg per 3 ons
Telur: 1 mg per 1 rebus

Beberapa sumber makanan kaya zat besi non-heme terbaik meliputi:

Sereal sarapan yang diperkaya: 18 mg per porsi
Kacang putih: 8 mg per cangkir kaleng
Lentil: 3 mg per cangkir direbus
Bayam: 3 mg per cangkir direbus
Tahu keras: 3 mg per cangkir
Cokelat hitam: 2 mg per ons
Tomat: 2 mg per cangkir kalengan dan direbus
Kacang merah: 2 mg per cangkir kalengan
Kacang mete: 2 mg dalam 18 kacang

Haruskah mengonsumsi suplemen zat besi selama kehamilan?

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Vitamin prenatal yang mengandung zat besi dalam kombinasi dengan sumber makanan yang cukup zat besi sepanjang hari dapat memberikan banyak wanita hamil dengan jumlah mineral yang cukup. Tetapi anemia defisiensi besi sering terjadi, terutama setelah minggu ke-20 kehamilan, dan beberapa calon ibu membutuhkan suplemen zat besi setiap hari selain kehamilan mereka.

Tes darah dapat memeriksa kadar zat besi Anda dan menentukan apakah Anda mungkin perlu mengonsumsi tablet zat besi selama kehamilan yang melampaui apa yang diberikan dalam kehamilan Anda. 

Siapa pun dapat mengembangkan anemia, tetapi vegan dan vegetarian memiliki risiko lebih tinggi, seperti halnya wanita yang mengandung anak kembar, atau mereka yang pernah hamil berulang kali atau mual di pagi hari yang parah. 

Jika Anda termasuk dalam salah satu kategori tersebut dan melihat gejala (seperti merasa lelah, pusing atau sesak napas), tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda mungkin memerlukan suplemen zat besi.

Suplemen zat besi biasanya mengandung 30 miligram mineral. Karena zat besi dapat menyebabkan mual dan sembelit, praktisi Anda mungkin menyarankan kapsul pelepasan lambat yang lebih mudah di perut.

Jika dokter Anda juga merekomendasikan suplemen kalsium, ingatlah bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 250 miligram bersamaan dengan suplemen zat besi, karena kalsium dapat mengganggu penyerapan zat besi (Anda juga harus mengonsumsi suplemen ini dalam selang waktu dua jam).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya