Si Kecil Suka Pilih-pilih Makanan, Coba Trik Ini Moms

Memberi makan anak
Sumber :
  • pegipegi

VIVA Lifestyle – Dalam hal kebiasaan makan, banyak orang tua sulit memprediksi kemauan si kecil, di mana terkadang mau makan sesuatu namun di lain hari enggan makan apapun. Atau bahkan, banyak anak mungkin menginginkan satu makanan setiap hari selama berminggu-minggu, dan kemudian tiba-tiba tidak menyukainya. 

Tips Jaga Kesehatan Usus, Sehatkan Sistem Pencernaan Hingga Perbaiki Kondisi Mental

Tapi jangan khawatir. Kebiasaan makan balita Anda yang tidak terduga adalah normal. Picky eating alias pilih-pilih makanan adalah perilaku khas balita. Ini adalah salah satu fase kehidupan mereka di mana mereka memiliki kendali. Dengan menolak makan, anak sebenarnya melatih kemandiriannya.

Beberapa reaksi yang umum mereka miliki terhadap makanan mulai dari menolak makanan berdasarkan warna atau tekstur atau memilih beberapa makanan dan tidak makan apa-apa selain itu. Bisa saja, balita juga tidak mau mencoba sesuatu yang baru, atau kehilangan minat pada makanan yang dulu mereka sukai.

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

Trik mengatasi si kecil pilih-pilih makanan

Para moms tidak bisa memaksa anak untuk makan. Namun, Anda dapat menyediakan makanan bergizi, menunjukkan kebiasaan makan yang sehat, dan mengatur waktu makan yang menyenangkan. Berikut triknya dikutip dari laman Family Doctor.

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

Sajikan dalam jumlah yang tepat

Ini 7 Tips Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Photo :
  • U-Report

Tawarkan kepada anak Anda 1 sendok makan setiap makanan untuk setiap usia tahun. Misalnya, jika jumlahnya 3, sajikan 3 sendok makan setiap makanan. Porsi kecil memberi mereka kesempatan untuk meminta lebih banyak.

Sabar

Tawarkan makanan baru berkali-kali. Anda mungkin harus menawarkan makanan 10 hingga 15 kali sebelum anak Anda mencobanya.

Biarkan anak Anda membantu

Biarkan mereka memilih makanan di toko kelontong. Kemudian temukan cara mereka dapat membantu menyiapkan makanan atau mengatur meja. Berpartisipasi dalam bagian waktu makan yang berbeda dapat membuat mereka lebih mungkin untuk makan.

Membuat hal-hal menyenangkan

Potong makanan menjadi bentuk dengan pemotong kue. Perlihatkan makanan dengan cara yang kreatif di piring anak Anda. Mintalah anak Anda membuat nama khusus untuk makanan favorit mereka.

Menawarkan pilihan

Anak makan sayur.

Photo :
  • Pixabay/ avitalchn

Alih-alih menyajikan sayuran untuk balita Anda, biarkan mereka memilih di antara dua pilihan. "Apakah anak ingin brokoli atau kembang kol untuk makan malam?"

Campur yang baru dengan yang lama

Sajikan makanan baru bersama favorit. Ini mungkin membuat mencoba sesuatu yang baru lebih mudah. Berikan saus yang sehat untuk mendorong anak Anda mencoba buah atau sayuran baru. Ini bisa termasuk hummus, yogurt, atau saus salad rendah lemak.

Jadilah contoh yang baik

Jika anak Anda melihat Anda makan berbagai makanan sehat, mereka akan cenderung mencobanya.

Nutrisi tepat bagi anak

Secara umum, balita membutuhkan nutrisi harian berikut 7 miligram zat besi, 700 miligram kalsium, dan 600 IU vitamin D. Selaim itu, Anda bisa memenuhi kebutuhan Zat Besi dan Vitamin C (IronC), DHA, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya untuk dukung si Kecil dari susu pertumbuhan SGM Eksplor Pro-gress Maxx Iron C.

Melalui kampanye #AkuAnakSGM #AnakGenerasiMaju yang telah berlangsung selama dua bulan sejak 18 Mei, SGM Eksplor ingin memberikan inspirasi kepada para Bunda bahwa melalui dukungan nutrisi dan stimulasi yang tepat, seorang anak dapat tumbuh berprestasi menjadi Generasi Maju.

Keberhasilan tersebut telah dibuktikan oleh para Anak SGM, dimana tidak sedikit diantara Anak Generasi Maju yang telah turut berkontribusi untuk memajukan Indonesia, seperti Greysia Polii sebagai Juara Olimpiade Bulutangkis dan Merry Riana sebagai Motivator dan Pengusaha.

“Kami ingin terus meyakinkan para Bunda di Indonesia bahwa setiap anak memiliki potensi dan hak yang sama untuk maju. Karena, telah banyak bukti anak-anak Indonesia yang telah tumbuh jadi generasi maju yang berhasil berprestasi di bidangnya masing-masing," tutur Senior Brand Manager SGM Eksplor, Renta Situmeang.

Pada kampanye ini, SGM Eksplor juga memfasilitasi para Bunda di Indonesia untuk berbagi cerita inspiratif pencapaian atau kemajuan si Kecil yang telah diraih selama ini untuk dukung mereka jadi Anak Generasi Maju. Hal tersebut dilakukan karena SGM Eksplor percaya bahwa setiap pencapaian sekecil apapun merupakan tanda kemajuan untuk si Kecil yang harus diapresiasi dan terus didukung, agar dapat tumbuh menjadi Generasi Maju di masa mendatang.”

"Kini SGM Eksplor mengajak Bunda untuk dapat berpartisipasi melalui gerakan ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, setiap pembelian SGM Eksplor, Bunda ikut serta mendukung pemenuhan akses nutrisi & edukasi anak Indonesia yang membutuhkan. Melalui inisiatif kolaboratif ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak dukungan terhadap tantangan akses edukasi dan nutrisi yang masih dihadapi 9 dari 10 anak di Indonesia untuk tetap bisa tumbuh jadi Anak Generasi Maju,” kata Renta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya