Ternyata, Oleskan ASI Ampuh Atasi Ruam Popok Si Kecil Moms

Ilustrasi menyusui/ASI.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA Parenting – Ruam popok adalah masalah kulit yang umum terjadi pada bayi dan balita. Kondisi ini dapat menyebabkan bercak dan sisik merah muncul di area genital dan di pantat anak. Dalam beberapa kasus, ruam mungkin menyebar ke kaki dan perut anak.

Tips Mencerahkan Wajah Alami ala Orang Indonesia

Ruam popok sering terjadi karena tumbuh di tempat yang hangat dan lembap. Itu membuat popok menjadi tempat yang sempurna untuk ruam berkembang. Rupanya, ada cara alami untuk mengatasi ruam popok dengan bahan yang mudah didapat namun jarang diketahui yakni Air Susu Ibu (ASI). Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

ASI adalah anugerah bagi manusia, untuk memberi makan dan memberi nutrisi pada bayi hingga mereka menjadi balita kecil yang kuat. ASI juga dapat memiliki manfaat lain, mulai dari membantu menghilangkan jerawat dan eksim pada bayi hingga meredakan ruam popok. 

Foto-foto Kyarra Arunika Hasibuan Anak Jessica Mila Bikin Gemas, Netizen: Papanya Banget!

Berikut adalah beberapa cara menggunakan ASI untuk membantu memberi manfaat bagi bayi. Namun seperti biasa, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan rumahan apa pun, dikutip dari laman Healthline.

Ilustrasi bayi/anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor
Netizen Heboh Raffi Ahmad Unggah Foto Bareng Bayi Lily: Apakah Mirip Sama Cipung?

Eksim
Bayi memiliki kulit sensitif yang mudah kering, yang dapat menyebabkan eksim berkembang. Karena kualitasnya yang menawarkan perlindungan terhadap infeksi, ASI dapat membantu meringankan eksim bayi Anda. Teteskan ASI pada bola kapas dan oleskan ke area yang terkena. Tergantung pada tingkat keparahan eksim, itu mungkin hilang dengan sendirinya dari waktu ke waktu atau memerlukan perawatan dan pengawasan dokter tambahan.

Ruam
Kulit bayi Anda mungkin menjadi merah dan teriritasi karena popok. ASI dapat membantu menenangkan ruam popok bayi Anda dan membantu mengobati ruam dan mencegahnya menyebar. Cara yang sama dapat dilakukan dengan mengoleskan ASI pada bokong si kecil. Jika ini adalah masalah yang terus-menerus, pastikan untuk menemui dokter anak Anda untuk mendapatkan perhatian medis.

Tetap bersih dan kering
Ada pun langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk mencegah dan mengobati ruam adalah menjaga popok bayi Anda tetap kering dan bersih. Saat Anda mengganti popok, bersihkan area tersebut dengan lembut dengan kain lembut atau semprotan air dari botol. 

Jangan menggosok kulit terlalu keras, dan hindari tisu dengan alkohol. Ini juga dapat membantu memberi anak Anda waktu tanpa popok ketika mereka mengalami ruam. Anda dapat meletakkan handuk atau bantalan tahan air sekali pakai sehingga anak Anda dapat memiliki waktu bebas popok.

Sering ganti popok
Yang juga menjadi cara terbaik adalah mengganti popok anak sesegera mungkin. Hanya dibutuhkan sedikit kelembapan yang terperangkap untuk mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam. Itulah mengapa popok yang sedikit basah harus segera diganti, terutama jika anak Anda mengalami ruam popok aktif.

Ilustrasi popok bayi

Photo :
  • pixabay/Ajale

Sebanyak 50 persen bayi dengan usia di bawah 12 bulan terbukti mengalami dermatitis popok. Ini artinya, 1 dari 2 bayi mengalami masalah ruam popok. Berangkat dari masalah ruam popok ini, Makuku Sap Diapers Pro Care menghadirkan teknologi inti strukstur SAP yang mampu mengurangi risiko ruam popok si kecil.

Dalam rangka peluncuran Makuku Sap Diapers Pro Care, ratusan ibu rela mengantre di Hero Kemang, Jakarta Selatan pada 19 Oktober 2022 lalu. Menyambut antusiasme ini, Makuku meluncurkan Program Jaminan “Tidak Cocok, Uang Kembali”. 

Program jaminan “Tidak Cocok, Uang Kembali” ini berlangsung hingga 31 Oktober 2022 dengan ketentuan sebagai berikut: (1) Ibu yang telah menggunakan maksimal setengah kemasan popok akan diganti biaya 100% dari harga beli. Sementara produk yang telah digunakan lebih dari setengah pack akan diganti dengan biaya 50% dari harga beli. (2) Proses penukaran ini dapat dilakukan di seluruh mitra offline store yang telah menyediakan Makuku Sap Diapers Pro Care dengan membawa nota dan sisa popok. (3) Program Jaminan ini diberlakukan jika Ibu telah penggunaan popok yang sesuai dengan berat dan ukuran popok si kecil.

Ini merupakan popok generasi terbaru yang memiliki 4 lapisan dengan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap dan mengunci cairan sehingga tidak kembali ke permukaan. 

Keunggulan lain dari adalah merupakan popok pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan fitur buble belt pada bagian pinggang. Fitur ini berguna untuk mengurangi terjadinya kemerahan pada pinggang bayi. Selain itu, memiliki keunggulan permukaan selembut sutra sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif.

"Setelah peluncuran Makuku Sap Diapers Pro Care dengan campaign #TakutRuamPopokPakaiMAKUKU, kini kami hadir dengan Program Jaminan “Tidak Cocok, Uang Kembali” untuk membuktikan keunggulan teknologi inti struktur SAP. Jadi, sekarang, semua Ibu tidak perlu khawatir lagi akan masalah ruam popok si kecil karena telah menemukan solusinya pada Makuku Sap Diapers Pro Care," ujar Branding Director Makuku Indonesia, Lucky Zheng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya