Calon Pengantin Bakal Diberi Edukasi Tentang Stunting

Ilustrasi menikah.
Sumber :
  • scenicreflection

VIVA Parenting – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus berupaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Salah satu caranya dengan mendorong peran penyuluh agama.

Justin Bieber dan Hailey Baldwin Bakal Punya Anak!

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengingatkan bahwa di Indonesia setiap tahun terdapat 4,8 juta kehamilan dan 1,2 juta di antaranya lahir dan tumbuh dalam keadaan stunting. Yuk, scroll untuk tahu info selengkapnya.

“Jadi di negara kita banyak yang hamil, banyak melahirkan, dan banyak stunting. Akibatnya Human Capital Index negara kita berada pada urutan 130 dari seluruh negara di dunia. Ini perlu dikoreksi,” ujar Hasto saat Sosialisasi dan Pembekalan Bagi Para Penyuluh Agama dalam Percepatan Penurunan Stunting di DIY, Rabu 30 November 2022.

Gelar Pengajian Sebelum Nikah, Rizky Febian Ungkap Hal Ini

Hasto meminta kepada penyuluh agama untuk ikut serta menekan angka stunting dengan cara turut mengedukasi masyarakat dengan meningkatkan kualitas SDM. Hal ini disampaikan Hasto di depan 250 penyuluh lintas agama.

Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Hasto Wardoyo

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

"Gerbang orang mau berkeluarga adalah penyuluh agama. Mereka yang mau menikah itu tidak datang ke penyuluh KB tapi ke penyuluh agama, kemudian KUA," ungkap Hasto.

"Kami mendorong peran penyuluh agama, untuk menyampaikan pesan ke calon pengantin, demi menekan stunting. Ingat, dalam setahun 2 juta orang menikah dan 1,6 juta hamil. Mereka, gerbangnya di penyuluh agama semua," imbuh mantan Bupati Kulon Progo ini.

Hasto menuturkan BKKBN telah membuat panduan audio visual yang bisa dipakai oleh para penyuluh agama untuk mengedukasi para calon pengantin. Selain itu Hasto juga menyebut BKKBN punya layanan konsultasi yang juga bisa diakses oleh calon pengantin.

"Sesuai permintaan Pak Menteri Agama, kami buatkan (panduan) audio visual, yang nanti bisa di-download para penyuluh agama. Materi itu tinggal disampaikan ke catin (calon pengantin). Kami juga membuka help desk juga, tempat untuk bertanya. Kami buka secara daring melalui aplikasi ELSIMIL (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Itu bisa diakses," tutup Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya