Studi: Anak Sulung Cenderung Lebih Pintar dari Adik-adiknya

Ilustrasi kakak beradik.
Sumber :
  • Pixabay/HaiRobe

VIVA.co.id – Sebagai anak kedua atau bungsu, fakta satu ini pasti akan sulit diterima. Namun, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan telah menunjukkan anak sulung cenderung lebih pintar dibandingkan adik-adiknya.

Sule Akui Pernah Bertengkar dan Tak Komunikasi dengan Rizky Febian Selama Setahun Lebih

Studi yang dilakukan para ahli ekonomi di University of Edinburgh tersebut mengungkapkan, anak sulung memiliki skor tes Intelligence Quotient (IQ) yang lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya mulai dari usia satu tahun. Demikian dilansir dari metro.co.uk.

Para peneliti mengatakan, kemungkinan besar alasannya adalah karena anak sulung menerima stimulasi mental dan dukungan dalam mengembangkan kemampuan berpikir mereka dari orangtua, di usia-usia dini.

Desta Langsung Panik, Anak Bungsunya Minta Punya Adik

Temuan yang telah dipublikasikan di Journal of Human Resources itu dilakukan oleh Analysis Group dan University of Sydney, dan menganalisis data dari US Children of the National Longitudinal Survey of Youth yang dikumpulkan oleh US Bureau of labour Statistics.

Hampir 5.000 anak diobservasi dari masih dalam kandungan hingga berusia 14 tahun, berikut dengan latar belakang dan kondisi ekonomi keluarganya. Setiap dua tahun, anak-anak tersebut diberi serangkaian tes kemampuan, termasuk membaca dan kosa kata melalui gambar.

5 Fakta Kasus Bunuh Diri Satu Keluarga di Malang

Para peneliti juga mengaplikasikan metode stastistik hingga data ekonomis untuk menganalisis perilaku orangtua, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol saat hamil berkaitan dengan skor tes anak mereka.

Studi menemukan bahwa para ibu mengambil risiko yang lebih tinggi saat hamil anak kedua, dan orangtua lebih sedikit menawarkan stimulasi mental pada anak-anak kedua dan seterusnya.

Orangtua juga cenderung lebih jarang berpartisipasi dalam aktivitas, seperti membaca, membuat kerajinan tangan dan bermain alat musik bersama buah hati mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya