Aktivitas Menantang Picu Kepercayaan Diri Anak

Ilustrasi anak aktif
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Anak-anak suka bermain yang melibatkan aktivitas fisik. Berlari, melompat dan berputar bersama teman-teman sebayanya menjadi hal yang menyenangkan bagi si kecil.

Siswa Madrasah Bermain MB Junior Bersama Iriana Jokowi dan OASE KIM 

Namun, di antara banyaknya permainan ternyata permainan yang menantang dan memicu adrenalin si kecil ternyata lebih disukai anak-anak.

"Pemadam kebakaran dan polisi itu peran yang diminati banyak anak, laki-laki maupun perempuan. Aktivitasnya seru walaupun di KidZania, gajinya itu paling kecil," ujar Marcom Manager, Dada Sabra, di KidZania, Jakarta, kepada VIVA.co.id.

Ajak Anak Main MB Junior, Cara Kemenag Kampanyekan Moderat Sejak Dini

Keseruan untuk memanjat gedung tinggi saat menjadi pemadam kebakaran atau berlari mengejar penjahat, memberikan sensasi yang berbeda pada si kecil. Bahkan, keinginan untuk berprofesi menjadi tokoh penolong ini, membuat anak lebih memahami perannya

"Gajinya kan kecil kalau di KidZania, tapi antreannya selalu penuh. Mereka bekerjasama dan bersosialisasi, jadi bisa berbaur dengan teman-teman baru," lanjutnya.

Psikolog Ungkap Deret Stimulasi Tepat Bagi Anak Usia Dini, Si Kecil Pasti Suka!

Ya, aktivitas berkelompok ini membuat si kecil semakin percaya diri akan kemampuannya. Dengan demikian, aktivitas bermain ini akan membuatnya percaya bahwa bekerjasama adalah hal yang menyenangkan.

"Jadi mereka bisa saling kerjasama untuk selesaikan masalah. Walaupun awalnya nggak kenal, tapi dengan perannya ini, bisa meningkatkan jiwa sosialisasinya," kata dia.

Ilustrasi anak bermain.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Tak sedikit dari orang tua yang dianugerahi anak berkebutuhan khusus, termasuk  Autism Spectrum Disorder atau autisme. Mereka tetap punya hak sama termasuk untuk bermain

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023