Ternyata ASI Punya Keajaiban Luar Biasa bagi Bayi

Menyusui.
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA.co.id – Sudah banyak diketahui berbagai manfaat luar biasa dari air susu ibu (ASI) bagi ibu dan bayi. Selain sebagai sumber pemenuhan gizi bayi, ASI ternyata juga punya kemampuan luar biasa yang bermanfaat untuk kehidupan bayi.

Makan Sambal Picu ASI Jadi Pedas dan Bayi Diare? Ini Faktanya

Bayi yang masih berusia di bawah enam bulan tentunya masih memiliki ukuran lambung yang begitu kecil. Namun, dengan lambung sekecil itu, ia harus mampu memenuhi kebutuhan kalorinya agar bisa mencapai pertumbuhan berat ideal setiap bulan sebanyak 750 gram.

Ahli gastroenterologi anak, dr Badriul Hegar, Sp.A(K) menjelaskan, di sinilah keunikan ASI terlihat. Dengan daya tampung yang kecil itu, ASI dilengkapi dengan lemak tinggi sehingga dapat mencukupi kalori yang dibutuhkan bayi.

Viral Wanita Menyusui Kucing di Pesawat, Kok Bisa?

"Ternyata lemak dalam ASI jenisnya trigliserida, jenis lemak yang harus dipecah. Kalau tidak dipecah, dia bisa menyebabkan masalah. Sedangkan bayi enzimnya belum lengkap, di sinilah Tuhan memberikan kelebihan ASI dengan enzim sehingga lemak itu bisa dicerna sendiri," ujar Hegar saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Dari kekurangan yang masih dimiliki bayi, ternyata ASI diberikan kelebihan itu sehingga bayi bisa bertahan hidup. Itu pula yang menyebabkan bayi usia di bawah empat bulan tidak diperbolehkan diberikan makanan padat. (one)

Cerita Uung Victoria Finky, Jadi Pendamping Ibu Menyusui

Ilustrasi ibu menyusui.

Kanker payudara

Kenali 5 Tanda Kanker Payudara, Perempuan Sering Mengabaikan

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan kanker payudara meningkat, dan seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala yang mencolok.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2022