Makan Sambal Picu ASI Jadi Pedas dan Bayi Diare? Ini Faktanya

Air Susu Ibu (ASI)
Sumber :
  • lactamilmama.com

VIVA – Pantangan selama masa menyusui yang kerap hadir di masyarakat adalah larangan mengonsumsi sambal dan makanan pedas lainnya. Menurut masyarakat di Tanah Air, konsumsi jenis makanan tersebut memicu Air Susu Ibu (ASI) jadi terasa pedas bahkan memicu bayi diare. Benarkah?

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, menuturkan bahwa banyak pantangan makanan yang memang diberikan oleh masyarakat bagi ibu menyusui. Sayangnya, pantangan tersebut tak berlandaskan penelitian sehingga hanya mitos belaka.

"Beberapa makanan dikabarkan sebabkan perubahan pada ASI yang sebabkan banyak ibu restriksi beberapa jenis makanan salah satunya makanan pedas. Namun tidak benar bahwa pedasnya makanan ikut memicu ASI pedas," tuturnya, baru-baru ini.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Marya menjelaskan bahwa jika memang ibu menyusui kerap merasakan perubahan pada tubuhnya maupun bagi usai mengonsumsi jenis makanan tertentu, ada baiknya dibatasi atau hindari lebih dulu. Akan tetapi, Marya menegaskan, makanan pedas bukan pantangan bagi semua ibu menyusui namun bisa menjadi sensitif bagi sebagian orang saja.

"Pada ibu menyusui kalau konsumsi sesuatu termasuk makanan pedas dan bayi timbul respons tidak diharapkan, ada baiknya segera catat bahwa makanan tersebut dihindari selama masa menyusui," katanya.

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

Lebih dalam, apabila ibu menyusui suka makanan pedas sebaiknya selalu perhatikan respons tubuh dan bayi secara keseluruhan. Apabila timbul diare, segera hentikan asupannya karena dampaknya bisa dehidrasi hingga badan terasa lemas.

"Kalau merasa setelah konsumsi pedas lalu timbul efek kesehatan jadi nyeri lambung, bab nyeri, ada baiknya eliminir atau kurangi makanan pedas. Perlu diingat makanan pedas tidak hanya dari cabai, bisa jadi dari bahan lain seperti merica, bahkan bisa timbul akibat beberapa jenis bawang," ujarnya.

Ada pun makanan pedas, saran Marya, hindari pada mereka yang hendak diet. Sebab, makanan pedas biasanya bisa menambah selera makan sehingga asupan kalorinya menjadi berlebih.

"Kalau mau diet hati-hati konsumsi pedas. Karena pada beberapa orang bisa tingkatkan cita rasa. Kalau cita rasa naik biasanya konsumsi makanan ikut bertambah. Jadi perlu hati-hati atau batasi makanan pedas kalah ternyata bisa tingkatkan nafsu makan," tuturnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya