5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa
Sumber :
  • Shutterstock

VIVA – Bulan Ramadhan sudah di depan mata, tentu saja umat Islam di seluruh dunia akan menggunakan kesempatan ini dengan fokus beribadah. Namun, tak sedikit juga yang merencanakan untuk sekaligus melakukan diet, karena merasa inilah momen yang tepat.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Dalam menjalankan diet saat puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Meskipun berpuasa, ada kemungkinan kamu akan naik berat badan jika makan sembarangan dan berlebihan saat sahur dan berbuka, berikut 5 tips diet saat berpuasa.

1. Menghindari Makanan yang Berminyak

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Cabe rawit dan gorengan.

Photo :
  • VIVA / Renne

Makanan berminyak seperti gorengan kerap menjadi pilihan takjil saat berpuasa. Namun, perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi gorengan secara terus menerus saat berbuka puasa atau sahur dapat menyebabkan penambahan berat badan, karena gorengan  mengandung lemak jahat dan tinggi kalori.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Daripada gorengan, pilihlah camilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah-buahan untuk takjil. Makanan ini mengandung lemak baik dan akan membantu kamu menurunkan berat badan saat berpuasa, meski  perlahan.

2. Konsumsi Makanan yang Tinggi Protein dan Serat

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Dari pada konsumsi gorengan secara terus menerus, lebih baik pilihlah makanan yang tinggi protein dan serat, baik saat berbuka puasa maupun saat sahur. Beberapa contoh jenis makanan tersebut adalah, dada ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan kembung, putih telur, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

3. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Ilustrasi makanan dan minuman manis

Photo :
  • Pexels

Berbuka dengan sirup atau es buah memang terasa menyegarkan dan bisa melepas rasa dahaga setelah seharian berpuasa. Namun, dalam menjalankan rencana diet saat berpuasa kamu harus bisa konsisten mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Sebagai penggantinya, konsumsi lah buah-buahan yang mengandung tinggi air seperti semangka, melon, belewah, pir.

4. Konsumsi Jenis Makanan Karbohidrat Kompleks

Kentang.

Photo :
  • Pixabay/Couleur

Asupan karbohidrat yang paling cocok untuk diet saat puasa adalah jenis karbohidrat kompleks seperti, roti gandum, nasi merah, kentang, ubi jalar, jagung buncis dan lainnya. Makanan karbohidrat kompleks bisa membuat tubuh lebih berenergi.

5. Tetap berolahraga Secara Rutin

Gerakan olahraga russian twist

Photo :
  • Womens Health

Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan tidak berolah raga. Agar diet puasa tetap sukses, menjaga pola makan perlu diimbangi dengan aktivitas fisik yang rutin. Misalnya, olahraga ringan dengan jalan kaki atau lari di pagi atau malam hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya