Tips Berpuasa dengan Sehat dan Bugar di Bulan Suci Ramadhan

5 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh dengan Konsumsi Makanan Tepat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Selama bulan Ramadhan, penting bagi kita untuk tetap sehat dan bugar saat beraktivitas dan menjalankan ibadah. Banyak orang mencari informasi tentang cara berpuasa dengan sehat dan tetap bugar selama bulan suci ini.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Sangat disarankan untuk memiliki kesehatan yang baik agar dapat menjalani puasa Ramadhan, karena setiap orang muslim diharuskan untuk menahan rasa lapar dan haus selama lebih dari dua belas jam selama sebulan penuh.

Ilustrasi pola makan

Photo :
  • www.google.com
Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dengan demikian, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak akan memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Selain itu, pola tidur yang tidak teratur disebabkan oleh kewajiban untuk bangun di pertengahan malam untuk sahur dan meningkatkan jumlah ibadah yang dilakukan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Kondisi tersebut dapat mengganggu kesehatan seseorang. Tubuh yang sakit atau tidak fit dapat mengganggu ibadah wajib ini.

Dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional pada Rabu 6 Maret 2024, untuk tetap sehat selama Ramadhan, berikut adalah beberapa saran tentang cara berpuasa yang sehat:

1. Pola makan yang Sehat untuk Sahur

Untuk menjaga stamina tubuh selama puasa dan beraktivitas di siang hari Ramadhan, sahur sangat penting. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur dan hindari makanan berminyak karena dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk.

2. Pola Makan untuk Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa, jangan terlalu banyak makan, makanlah secara bertahap, mulai dengan air putih dan sedikit makanan manis.

3. Menjaga Kebiasaan Makan Malam 

Disarankan untuk menghindari makan malam yang berlebihan pada malam hari karena dapat menyebabkan obesitas. Hindari juga mengkonsumsi kopi dan soda karena dapat menyebabkan masalah tidur dan menimbun lemak.

4. Konsumsi Air Minum yang Cukup

Untuk mencegah kehilangan cairan selama berpuasa, minumlah air saat berbuka dan setelah tarawih.

5. Melakukan Aktivitas Fisik Minimal 30 Menit.

Berolahraga secara teratur tetap penting untuk tetap kebugaran dan melawan kelelahan meskipun sedang berpuasa. Lakukan latihan ringan selama setidaknya tiga puluh menit, seperti jalan kaki atau stretching sebelum atau setelah tarawih.

Ilustrasi pusat kebugaran.

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro

6. Menjaga Pola Tidur yang Sehat

Selama bulan Ramadhan, usahakan untuk tidur cukup. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup untuk pulih dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika anda harus bangun di pagi hari untuk melakukan persiapan sahur, hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya